Aplikasi Penangkal Radikalisme Ala Komunitas Pancasila Ciptaan Mahasiswa UNS

Infokampus.news – Sekolompok mahasiswa dari program studi PPKN Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengajukan sebuah langkah cerdas untuk menangkal radikalisme di kalangan mahasiswa dengan mengoptimalkan peran aplikasi getar media melalui komunitas pancasila.

Mahasiswa yang terdiri dari Arin Wahyuni, Ratih Nur Indah Sari dan Mela Fitria Wahyuningsih berpendapat mahasiswa sering menjadi sasaran empuk radikalisme lantaran sangat familiar dengan dunia maya, sementara dunia maya merupakan tempat penyebaran paham-paham yang masif oleh kelompok radikal. Oleh karena itu pencegahan radikalisme menggunakan aplikasi getar media dirasa merupakan cara yang tepat.

Hanya saja aplikasi yang diluncurkan Pusat Media Damai BNPT itu belum sepenuhnya optimal, mengingat belum banyak masyarakat termasuk mahasiswa yang tahu. Hal ini terlihat dari sedikitnya jumlah pengunduh aplikasi di play store yang hanya sekitra 1000 orang. Jumlah ini tentu kalah jika dibandingkan dengan aplikasi media sosial seperti Instagram dan Whatsapp.

Untuk itu, Arin bersama timnya berpikir untuk membentuk komunitas pancasila sebagai uoaya mensosialisasikan aplikasi getar media. Komunitas pancasila merupakan wadah bagi mahaisswa untuk melakukan aksi perdamaian yang mencegah radikalisme dan terorisme dengan program yang ditawarkan. Dalam komunitas pancasila, nantinya akan diadakan diklat operasional aplikasi getar media untuk anggota dan mahaiswa sebagai tindak lanjutnya, diselenggarakan pula seminar, diskusi publik dan kampanye perdamaian.

Dibantu dosen pembimbing Rima Vien Permata Hartanto, S,H., M.H, gagasan cemerlang ini berhasil mengantarkan tim PKM Arin berhasil lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta, 28 Agustus hingga 2 September lalu.

“Harapannya jika gagasan ini terwujud maka radikalisme di kalangan mahasiswa akan mengalami penurunan bahkan tidak ada sehingga mahasiswa sebagai pemuda terselamatkan dari pemikiran-pemikiran yang menyesatkan,” ujar tim Arin. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
raih peringkat ix juara umum
STKIP Muhammadiyah Sampit Raih Peringkat IX Juara Umum Pimnas ke-31

Infokampus.news – Mengejutkan dan membanggakan, kabar gembira datang dari STKIP Muhammadiyah Sampit. Delegasi STKIP Muhammadiyah Sampit berhasil raih peringkat IX

Close