Si Dedi, Aplikasi Anti Depresi Ala Mahasiswa UNY yang Raih Medali di Ajang Bergengsi

Infokampus.news – Maraknya kasus bunuh diri akibat depresi belakangan ini membuat Antonius Ian Bayu Setiawan tergerak untuk membuat prototipe aplikasi Si Dedi. Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengikutsertakan prototipe tersebut dalam acara Global Ideapreneur Week 2018 yang diselenggarakan oleh Studec International dengan MaGIC (Malaysian Global Innovation & Creativity Centre) pada tanggal 3-5 April 2018 lalu.

Bayu, begitu sapaan akrabnya, berhasil meraih juara dua dari 40 finalis dalam kompetisi start-up ini.

Menjadi mahasiswa Bimbingan dan Konseling (BK) yang sudah melek teknologi, Bayu menciptakan prototipe aplikasi bertajuk Aplikasi Pencegah Depresi dan Bunuh Diri atau disingkat Si Dedi ini dengan tujuan untuk menekan angka depresi dan bunuh diri di Indonesia.

Dengan beberapa fitur andalan, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai konselor digital mereka. Salah satunya adalah fitur writing expression untuk ajang curhat dengan menuliskan masalah sehari-hari. Sederhananya, pengguna dapat memanfaatkan Si Dedi seperti buku harian. Dengan fitur connecting, pengguna juga bisa mencari konselor yang ada di sekitar mereka.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga diberi sentuhan kearifan lokal yakni dengan adanya kisah tokoh pewayangan yang bisa menjadi rujukan belajar mengenai nilai-nilai kehidupan. Ke depannya, Bayu akan menggandeng mahasiswa seni musik dari UNY untuk menciptakan musik relaksasi untuk melengkapi aplikasinya ini sebagai fitur terapi bagi para pasien.

Bayu berharap, Si Dedi dapat membantu mengurangi angka depresi dan bunuh diri di Indonesia khususnya mereka yang takut untuk datang ke psikolog maupun psikiater.

Berkat Si Dedi yang telah mencuri perhatian dewan juri, akhirnya Bayu menjadi juara 2 (dua) serta mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar RM 1.000 dan medali. (him)

 

 

Sumber: Universitas Negeri Yogyakarta

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
ilustrasi botani dosen itb
Bikin Ilustrasi Botani, Dosen Ini Jadi Nominator Ajang Penghargaan Dunia

Infokampus.news - Tak hanya mahasiswa, dosen pun masih bisa menyumbang prestasi untuk kampus kebanggaannya. Ilustrasi botani salah seorang dosen Program

Close