Asik! Belajar sambil Bermain dengan Kartu “UPIN” Ciptaan Mahasiswa Unikama

Infokampus,news, Malang – Melalui Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), tiga mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) berhasil menciptakan inovasi baru yang digunakan untuk media pembelajaran kepada siswa sekolah dasar.

“Jadi kartu UPIN ini merupakan sebuah media pembelajaran alternatif untuk mata pelajaran sains siswa sekolah dasar berbasis learn, play dan implementation” Ungkap Benyamin.

Latar belakang kartu pintar (Upin) ini dibuat karena kurangnya motivasi siswa dalam belajar, selain itu sistem pembelajaran yang monoton berdampak pada minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sains menurun, serta pengaruh gadget di era milenial seperti sekarang.

“Dengan adanya kartu ini bisa membantu siswa belajar sambil bermain. tujuannya untuk membantu siswa meningkatkan prestasi dalam hal belajar terutama pelajaran Sains, meningkatkan produk menjadi sebuah media pembelejaran alternatif yang bisa digunakan di sekolah oleh guru” Tandas Benyamin.

Perlu diketahui, Kartu UPIN ini melalui beberapa proses tahapan yang pertama analisis, yang kedua desain, yang ketiga pembuatan, yang keempat implementasi dan yang terakhir evaluasi. kurang lebih satu bulan dengan pembuatan kartu selama satu minggu

Baca Juga :  Bingung Cari Pekerjaan? Simak Yuk Berikut ini 6 Lowongan Kerja di Sektor BUMN

Tim Kartu Upin

Tim Kartu UPIN ini terdiri dari tiga mahasiswa Unikama yakni Benyamin Jemat (Pendididikan Fisika, 2017) Mohammad Abdul Munib (Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Nur Rohma Utami (Pendidikan Fisika 2016) dan Dosen Pembimbing Chandra Sundaygara, S.Pd., M.Pd.

“Permainan ini sudah dinikmati hasilnya, kita melakukan uji coba di SD Islamic Global School. jadi setelah bermain dengan kartu UPIN kita adakan post test. ya respon siswa dan guru sangat antusias dan sangat bai. ini merupakan sistem pembelajaran baru buat mereka, mereka terlihat sangat have fun dan hasilnya siswa cepat tanggap dengan materinya. bahkan beberpa produk kartu UPIN diambil alih oleh pihak sekolah sebagai media pembelajaran disana nantinya”. Tuturnya.

harapan kedepannya Benyamin dkk menginingkan semakin banyak karya dan inovasi dari mahasiswa unikama yang mampu bersaing dengan kampus – kampus lain serta mampu menciptakan inovasi baru hingga nantinya memberikan pengaruh kepada orang lain tidak berhenti pada kartu UPIN yang digunakan untuk mata pelajaran sains saja, tetapi kedepannya untuk mata pelajaran lain juga. (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *