Asrama Mahasiswa ITS Dapatkan Dana Hibah dari Kementerian PUPR

Infokampus.news Pemerintah Republik Indonesia kembali meluncurkan dana hibah pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menghibahkan pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) untuk asrama mahasiswa ITS yang pembangunannya diresmikan dengan peletakan batu pertama pada hari Senin (21/5).

Ridwan Dibya Sudartha SE, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dari Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur mengatakan, pembangunan rusunawa yang berupa asrama mahasiswa ITS ini merupakan program yang ketiga mereka tangani di Jawa Timur.

Ridwan mengungkapkan, rencananya rusun ini berkapasitas 200 penghuni/mahasiswa dengan bangunan yang terdiri dari empat lantai. Selain itu, berbagai fasilitas juga disediakan untuk melengkapi kebutuhan para penghuni seperti instalasi listrik, air, dan juga furnitur kamar seperti lemari, meja belajar dan tempat tidur.

Harapannya, mahasiswa sudah bisa langsung menempati rusun setelah pembangunan asrama mahasiswa ITS hasil hibah Kementerian PUPR ini rampung. Hibah yang diberikan termasuk sarana dan prasarana lengkap di dalam rusunawa tersebut, sehingga langsung siap huni.

Melansir pernyataan Humas ITS dalam laman resmi kampus, proyek yang menelan anggaran Rp 8,9 miliar ini ditargetkan akan selesai pada bulan November 2018 mendatang. “Semoga proyek ini akan selesai tepat waktu, untuk itu kami meminta kerja sama dari pihak ITS untuk mengurus dan mempermudah urusan administrasi seperti IMB (izin mendirikan bangunan, red) misalnya,” tutur Ridwan.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD mengatakan, sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian PUPR ini, sebab selama tiga tahun ia menjabat sebagai Rektor ITS baru kali ini pihak ITS menerima bantuan langsung dari pemerintah. “Bantuan ini seperti oase dalam padang pasir. Alhamdulillah atas berkah-Nya di bulan Ramadan ini menggerakkan kementerian untuk memberikan program ini kepada ITS,” ungkap Joni bersyukur.

Saat ini, telah berdiri delapan tower asrama mahasiswa ITS dengan kapasitas tampung 1.200 orang. Sedangkan yang masih dalam proses pembangunan ada 2 (dua) gedung yaitu asrama mahasiswa dalam Program Hibah Alumni Teknik Sipil dan hibah dari Kementerian PUPR ini. Masing-masing gedung ini nantinya akan berkapasitas 200 orang. Jadi, jika keduanya bangunan yang sekarang masih dalam proses itu rampung, maka ITS akan memiliki asrama mahasiswa dengan daya tampung total 1.600 orang,

Joni juga menjelaskan bahwa ITS akan kooperatif dalam menjalankan proyek ini bersama SNVT dalam bentuk pendampingan mengenai urusan K3, pengawasan dan urusan adminstrasinya.

Selain itu Joni juga menjelaskan bahwa ITS tidak akan menuntut macam-macam atas program hibah ini. Pihak ITS hanya meminta proyek ini dikerjakan sesuai spesifikasi bangunan yang telah direncanakan. “Saya sampaikan terima kasih banyak kepada Kementerian PUPR, mudah-mudahan ini jadi percontohan bagaimana membuat kualitas bangunan yang baik,” tutup Joni.

Acara yang diselenggarakan di komplek asrama mahasiswa ITS ini, ditutup dengan penekanan tombol sirine oleh Rektor ITS, Kasatker SNVT dan seluruh jajaran pimpinan ITS yang ada sebagai simbol peletakan batu pertama. Ini menandakan bahwa program pembangunan asrama mahasiswa hibah dari Kementerian PUPR ini resmi mulai dikerjakan. (Humas ITS/Him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Pada artikel kali ini, Infokampus.news akan membagikan informasi daya tampung dan peminat ITS. Daya tampung ini dilansir dari situs resmi SBMPTN yang telah bekerja sama dengan pihak kampus terkait. Sedangkan peminat yang akan dilampirkan di artikel ini diambil berdasarkan jumlah pendaftar SBMPTN 2017 lalu. Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang biasa disingkat dengan ITS merupakan satu-satunya institut teknologi negeri di Jawa Timur yang berlokasi di wilayah Surabaya. Karena…
  • Infokampus.news - Sudah pada kenal ITS? Apakah itu Institut Teknologi Surabaya? Jawabannya ya dan tidak. Ya, karena ITS berlokasi di Surabaya. Tidak, karena ITS kepanjangannya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Banyak yang salah paham akan kepanjangan ITS ini. Namun di sisi lain, banyak pula yang sangat paham bahwa ITS adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia sejak beberapa dekade terakhir. Peringkat ITS di berbagai lembaga pemeringkatan jarang bahkan…
  • Infokampus.news - Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) kembali mencatatkan pencapaian cemerlang di bidang riset. Dilansir oleh Scopus, salah satu situs pengindeks jurnal terpopuler di dunia, ITS menempati urutan kelima dalam hal publikasi jurnal penelitian terbanyak di Indonesia mengungguli Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang puas duduk di peringkat enam. Tak hanya itu, ITS juga menduduki peringkat kedua perihal kecepatan publikasi nasional. Hal ini diutarakan langsung oleh Prof Dr Adi Soeprijanto…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
kampus kebanggaan unej
Universitas Jember, Kampus Kebanggaan Semua Anak Bangsa

Infokampus.news - Halaman Gedung Soetardjo Universitas Jember (UNEJ) pada tanggal 8 Mei lalu ramai oleh para lulusan SMA dan sederajat.

Close