Asyik, UB Kini Punya Museum Batu Mulia di Gedung Rektorat

Infokampus.news, Malang – Mungkin banyak mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang mengetahui bahwa di dalam lobi Gedung Rektorat UB sekarang terdapat sebuat sudut Museum Batu Mulia. Museum yang baru diresmikan pada bulan Nopember ini ternyata berisikan berbagai batu mulia dan mineral yang ada di seluruh Indonesia. Museum Batu Mulia ini pun tercatat menjadi museum batu mulia pertama di Indonesia.

Baca Juga :

Tak tanggung-tanggung, museum batu mulia ini menyimpan ratusan koleksi batu dan mineral dari seluruh daerah di Indonesia. Beberapa jenis batuan yang tercatat di museum itu seperti Black Jade, Chalcedony, Batu Gambar (Picture Jasper), Jasper, Meteorite Chondrite, Neprite, Sojol, Denrite Agate, fosil kerang kima, dolomite, dan sebagainya.
Tak pelak museum pertama yang di dirikan oleh UB pun menjadi daya tarik yang kuat bagi mahasiswa maupun kalangan umum yang hendak menyambangi gedung rektorat. Salah satu pengunjung, Heny Ariani mengaku dirinya baru mengetahui bahwa UB mempunyai museum.

“Saya yang mahasiswi UB saja baru tahu kalau ternyata di dalam gedung rektorat ada museum natu mulia seperti ini. Pasti jadi daya tarik bagi orang-orang yang lewat, apalagi tempatnya bagus untuk foto-foto,” kata Mahasiswi UB tersebut.

Dirinya pun berharap agar UB mempunyai lebih banyak museum seperti Museum batu mulia ini. Selain untuk pelestarian kekayaan alam dan budaya Indonesia. Museum juga bisa menjadi sarana edukasi yang tidak membosankan khususnya untuk kalangan anak muda.

Selain hibah koleksi batu hasil pencarian Komunitas Batu Mulia Garuda Khatulistiwa, batuan mulia yang dipamerkan juga merupakan hasil riset Pusat Studi Peradaban Universitas Brawijaya Malang, ada batu hibah yang diberikan Duta Besar RI untuk Myanmar Dr Ito Sumardi. Namun, jenis batuan yang dihibahkan itu belum diteliti lebih mendalam.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seminar Nasional Himakova Menyingkap Potensi Biodiversitas Indonesia

Pada tahun ini Seminar Nasional Himakova yang diselenggarakan di IPB dibalut dengan nama Seminar Nasional Biodiversitas Nusantara.

Close