Asyik! UMM Sudah Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru melalui Jalur Undangan

Infokampus.news, Malang – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UMM pada tahun 2017 ini. Sejak Senin (2/1) hingga tanggal 7 April mendatang UMM sudah membuka pendaftaran untuk jalur undangan. Untuk pendaftaran jalur undangan ini sendiri diperuntukan khusus untuk para lulusan SMA sederajat yang mempunyai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Bagi para siswa SMA sederajat yang ingin mendaftar pun UMM sudah menyediakan akses yang sangat mudah. Para pelajar yang ingin mendaftar bisa melakukan pengisian data online ang sudah di sediakan di website resmi penerimaan mahasiswa UMM yaitu pmb.umm.ac.id. Berdasarkan data yang dikeluarkan UMM, sampai tanggal Hari ini sudah sebanyak 209 Calon mahasiswa yang mendaftarkan diri dijalur undangan UMM.

Wakil Rektor I : Pendaftar Jalur Undangan Harus Penuhi Kriteria

Mengenai kriteria prestasi akademik, Wakil Rektor I UMM Prof. Dr. Syamsul Arifin M.Si menjelaskan bahwa siswa yang akan mendaftar pada jalur undangan haruslah mengetahui beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk masuk melalui jalur undangan ini. siswa yang mendaftar minimal harus mempunyai nilai rata-rata rapor 80 mulai dari semester 1 hingga semester 5.

“Kriteria rata-rata tersebut sendiri naik dari tahun lalu yang hanya membutuhkan rata-rata nilai rapot sebesar 75 saja. Meningkatnya kriteria tersebut juga sebagai bukti bahwa UMM makin selektif dalam menjaring calon mahasiswa baru. Hal tersebut juga didorong oleh makin banyaknya minat para pelajar untuk menimba ilmu di UMM,” Ungkap Prof. Syamsul.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan untuk jalur non akademik, para pelajar harus mempunyai prestasi di bidang lahraga, seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat kota atau kabupaten dan dibuktikan dengan piagam penghargaan.

“Selain itu, untuk para pelajar yang berhasil masuk melalui jalur undangan nantinya akan mendapatkan beasiswa bebas biaya SPP semester I, kecuali Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) mendapat potongan 50 persen dari SPP semester I. tidak ada tes tulis untuk jalur ini. Sementara untuk wawancara tetap dilakukan untuk mengetahui kualitas dan motivasi calon mahasiswa baru,” Jelasnya.

Akan Kedatangan Mahasiswa Baru, UMM Perbaiki Pelayanan Terhadap Mahasiswa

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini, tes wawancara dilakukan dengan sistem one day service. Sehingga, setelah melakukan tes tulis, mahasiswa yang mendaftar jalur regular akan menjalani tes wawancara di hari yang sama. Sementara untuk jalur reguler mulai di buka pada awal Maret. Untuk gelombang 1 dibuka 6 Maret hingga 7 Mei, gelombang 2 mulai 22 Mei hingga 14 Juli, sementara gelombang 3 mulai 24 Juli sampai 11 Agustus.
“UMM sendiri terus berbenah memperbaiki kualitas layanan terhadap calon mahasiswanya nanti. Beberapa terobosan sudah dicanangkan oleh UMM khususnya di bidang herregistrasi dan pelayanan akademik lainnya. Hal ini UMM lakukan agar pelayanan akademik pada mahasiswa semakin cepat, tepat, nyaman, dan ramah,” Paparnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Didik Nini Thowok, ‘Tradisi Indonesia Beragam, Bijaklah Dalam Berpikir’

Didik Nini Thowok, seniman yang telah berkecimpung di dunia seni selama puluhan tahun memberikan komentarnya terhadap situasi yang cukup kacau...

Close