Biaya Kuliah Mahal? Simak Alternatif Berikut Ini!

Infokampus.news – Kendala finansial menjadi salah satu alasan banyak anak bangsa yang memutuskan untuk berhenti menempuh pendidikan setelah lulus SMA. Biaya kuliah yang mahal seringkali memupuskan harapan para orangtua dan siswa-siswi itu sendiri. Namun sebenarnya tak perlu risau, biaya kuliah tinggi bukan berarti Sobat FoKus tidak bisa berkuliah. Berikut ini adalah beberapa alternatif untuk mengatasi mahalnya biaya kuliah!

Terbebani Biaya Kuliah, Jangan Lantas Menyerah
1. Student Loans

Sejauh ini, jarang masyarakat yang mengetahui ada hal semacam ini. Student Loans merupakan alternatif pinjaman dana pendidikan khusus pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh lembaga atau institusi swasta maupun pemerintah yang harus dikembalikan dalam kurun waktu tertentu. Cara kerja Student Loans; pertama kalian terlebih dahulu apply pinjaman ke lembaga atau institusi. Kemudian jika permohonan kalian diterima, maka kalian membayar misalnya 20% dari total pinjam. 3,80% dari pinjaman, dapat kalian cicil selama 6 bulan kedepan (bunga 1,5% per bulan). Ilustrasinya, misalkan kalian pinjam dana pendidikan sebesar Rp 20 juta. Jika permohonan kalian diterima, maka pinjaman bisa langsung cair dan dibayarkan ke perguruan tinggi. Berarti kalian harus membayar uang muka sebesar Rp 4 juta. Setiap bulannya kalian bisa mencicil kembali sebesar Rp 2.706 juta. Peminjaman dana pendidikan berupa Student Loans ada yang dikenakan bunga, ada yang sama sekali tidak dikenakan bunga. Jika dikenakan bunga, persenan bunga tersebut tergantung lembaga atau institusi yang memberikan. Alternatif dana pendidikan lewat Student Loans dapat kalian manfaatkan untuk kuliah di dalam negeri maupun kuliah di luar negeri sekalipun.

2. Beasiswa

Alternatif untuk membiayai dana kuliah yang paling banyak dipilih ialah beasiswa. Program beasiswa ini beragam macamnya ada beasiswa prestasi berupa potongan uang pangkal atau uang semester, beasiswa berupa dana pendidikan untuk masyarakat kurang mampu (biasanya dibebaskan uang semester, mendapatkan tunjangan biaya hidup, dan dapat uang jajan), beasiswa ikatan dinas, dll. Beasiswa tidak hanya berlaku pada saat kalian ingin daftar masuk kuliah, namun yang sedang kuliah di semester tertentu tetap bisa mendapatkan beasiswa. Banyak lembaga, Yayasan, organisasi, perusahaan, institusi, dan perguruan tinggi terkait yang menyelenggarakan program beasiswa. Beasiswa yang paling terkenal contohnya Bidikmisi, Beasiswa Unggulan, Beasiswa LPDP, Beasiswa Tanoto Foundation, Beasiswa BCA Finance, dan Beasiswa Pertamina.

3. Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja, kenapa tidak? Alternatif ini juga banyak dijalani oleh mahasiswa-mahasiswa zaman sekarang. Beberapa kampus di seluruh Indonesia banyak yang menyelenggarakan program pendidikan kuliah kelas karyawan yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin tetap bisa kuliah walaupun sedang bekerja. Kuliah kelas karyawan ada beranekaragam. Misalkan, kuliah di waktu malam sehabis pulang kerja, kuliah di hari Sabtu atau Minggu, atau kuliah melalui E-Learning. Kekurangannya adalah kalian harus pintar-pintar membagi waktu antara bekerja dengan kuliah. Bekerja gak harus fulltime kok. Sobat FoKus bisa bekerja partime atau freelance yang disesuaikan dengan waktu kuliah, jadi gak terlalu menganggu waktu kuliah kalian. Sobat FoKus bisa cari kerja dulu sebelum masuk kuliah, lebih tepatnya saat libur kelulusan SMA/SMK/MA/MK.

Nah, itu tadi beberapa alternatif untuk mengatasi biaya kuliah mahal. Selamat mencoba!

 

 

 

 

Sumber: edumor.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
puan maharani
Ini Pesan Menteri Puan Maharani Untuk Para Wisudawan UMM!

Dalam wisuda ke-88 yang digelar UMM kemarin, menteri Puan Maharani menyampaikan persaingan yang makin ketat saat ini para fresh graduate...

Close