Bahas Pembangunan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya, UMM Gelar Seminar Nasional

Infokampus.news, MalangUniversitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar Seminar Nasional. Dalam seminar yang dilaksanakan di Aula Dome UMM ini sendiri bertajuk “Seminar Nasional Pendidikan Karakter : Membangun Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Budaya”. Hadir sebagai pemateri yaitu Direktur Kesenian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMENDIKBUD RI) Dr. Restu Gunawan, MHum

Pendidikan dan Budaya Saling Mengisi Satu Sama Lain

Dalam penyampainan materinya, Direktur Kesenian (KEMENDIKBUD RI) Dr. Restu Gunawan mengungkapkan bahwa hubungan antara pendidikan dan seni budaya menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut dikarenakan pada kedua aspek tersebut harus saling mendukung satu sama lain.

“Satu-satunya jalan membangun kebudayaan yaitu melalui pendidikan, begitu pula sebaliknya,” kata Restu pada Seperti dilansir dalam laman UMM.

Sumber : Dok. Humas UMM
Lemahnya Karakter Bangsa Jadi Ancaman Bagi Eksistensi Negara

Kegiatan bertema “Membangun Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Budaya” ini sendiri merupakan sebuah hasil kerjasama antara Lembaga Kebudayaan (LK) UMM dengan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia UMM. Drs Joko Widodo MSi selaku penanggung jawab kegiatan menilai, lemahnya karakter bangsa menjadi ancaman bagi eksistensi negara ini.

“Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat cepat memberikan dampak yang beragam, baik positif maupun negatif. Terlebih jika bangsa Indonesia tidak memiliki karakter yang kuat. Hal tersebut merupakan tantangan nyata bagi dunia pendidikan,” ungkapnya.

Seminar Nasional Pendidikan Karakter UMM Diharapkan Bisa Bawa Dampak Signifikan Bagi Pendidikan Karakter

Dalam penyampaian sambutannya, Tak lupa Joko Widodo juga berharap seminar ini akan memberikan dampak signifikan bagi pendidikan karakter, khususnya melalui dimensi budaya. Selain itu, juga dengan diadakannya kegiatan ini akan terlahir sebuah rekomendasi yang baik untuk pendidikan karakter bangsa nantinya.

”Harapannya, seminar ini dapat merumuskan dan mendeklarasikan rekomendasi pendidikan berkarakter bangsa dan juga dapat mendeklarasikan terbentuknya komunitas pegiat pendidikan karakter bangsa berbasis budaya,” Pungkasnya.

Seminar dihadiri 251 orang yang terdiri dari para guru, dosen, mahasiswa S1 dan S2, serta pemerhati pendidikan dan kebudayaan. Tiga pembicara ahli turut hadir, di antaranya sastrawan dan budayawan Indonesia Prof Dr Sumito A Sayuti, pakar pendidikan Prof Dr Wahyudi Siswanto MPd dan Kepala LK UMM Dr Daroe Iswatiningsih MSi. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Akreditasi Program Studi Universitas Andalas Terbaru 2017!

Halo Sobat Fokus kali ini infokampus.news akan membahas akreditasi program studi Universitas Andalas terbaru 2017!

Close