Bahasa Indonesia Digandrungi di Tiongkok, Ini Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Sastra China

Infokampus.news – Dari tahun ke tahun, peminat jurusan Bahasa Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terus meningkat. Tahun 2012 silam Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI untuk RRT, Chaerun Anwar menyebut peningkatannya rata-rata 25-30 persen per tahun. Kala itu tercatat ada 9 universitas yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia.

Baca Juga:

Kemudian pada tahun 2014, Atase Pendidikan KBRI di Beijing, Priyanto Wibowo mengatakan, ada 13 kampus di Tiongkok telah membuka jurusan Bahasa Indonesia hingga akhir 2014. Jumlah ini diprediksikan akan terus meningkat mengingat hubungan internasional Indonesia-Tiongkok juga semakin erat.

Adapun sejumlah kampus yang membuka jurusan Bahasa Indoensia diantaranya adalah Peking University, Yunan University, Beijing International Studies University, Tianjin Foreign Studies University, Guangdong University of Foreign Studies, dan Shanghai International Studies University..

Belajar Sastra Mandarin Punya Masa Depan yang Menjanjikan

Terbukanya program studi Bahasa Indonesia di Tiongkok tentu saja membuat kebutuhan pengajar Bahasa Indonesia di negeri tersebut bertambah. Priyanto menyebut bahwa jumlah pengajar jurusan Bahasa Indonesia di Tiongkok masih sangat sedikit. Ini bisa menjadi salah satu pilihan karier kamu untuk menjadi tenaga pengajar Bahasa Indonesia di Tiongkok. Selain itu, infokampus punya pilihan prospek kerja untuk kamu para lulusan Sastra China,

  1. Diplomat/Kemenlu

Salah satunya kamu bisa menjadi Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok. Membawa nama baik negeri ini ni negeri orang.

  1. Penerjemah

Kemampuan dua bahasa kamu Indonesia dan China akan membawa dampak positif terhadap karier kamu. Sebagai seorang penerjemah, kamu tidak hanya akan menerjemahkan buku, novel, ataupun karya tulis lain. Tapi kamu bisa masuk juga di kementerian menjadi penerjemah Duta Besar, sekretaris, ataupun jadi penerjemah lisan lainnya.

  1. Guide

Ini dia pekerjaan yang sepertinya lagi digandrungi saat ini. Bagi Indonesia wisata adalah salah satu pendokrak ekonomi negara, termasuk Tiongkok. Menjadi guide professional yang bisa berbahasa China dengan baik akan sangat dibutuhkan bagi wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia maupun sebaliknya.

  1. Perusahaan

Sebagai salah satu negara maju, Tiongkok memiliki sejumlah perusahaan multinasional yang menjanjikan. Dengan kemampuan Bahasa China-mu, bisa saja kamu diterima dengan mudah di perusahaan idamanmu. Bisa menjadi Public Relation, Costumer Service, Manajemen, ataupun Marketing.

  1. Jurnalis

Bukan hanya menjadi jurnalis media di Tiongkok, kamu bisa jadi jurnalis Indonesia dengan sumber informasi dari Tiongkok. Banyak informasi yang didapat disana jika kamu memahami Bahasa China. Informasi tersebut akan jadi pelajaran berharga buat kamu atau bahkan Indoensia bila suatu hal yang baik disana diaplikasikan di negeri ini.

Penulis : Galuh Pandu – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prodi PBI Hadirkan Akademisi San Jose State University

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan kuliah tamu...

Close