Bangga! Untuk Pertama Kalinya Mahasiswi STIKI Raih Double Degree dan Dapat Beasiswa di Korea

Infokampus.news – Syntia Widyayuningtias Putri Listio S.Kom., B.Sc, atau akrab dengan panggilan Syntia ini merupakan salah satu mahasiswi Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) yang belakangan ini membanggakan kampus elang. Bagaimana tidak, Mahasiswi angkatan 2013 ini berhasil menjalani program 2+2 Double degree antara STIKI Malang dengan Sunmoon University Korea.

Syntia menceritakan bahwa dia berkesempatan untuk mendaftar di Sunmoon University karena ia merupakan salah satu mahasiswa dengan IPK tertinggi satu angkatan dan setelah melalui proses wawancara langsung bersama salah satu professor dari Sunmoon University. Adapun Syarat yang harus ditempuh ketika mendapatkan kesempatan kuliah Double Degree selain mahasiswa STIKI yang sudah menempuh kuliah semester empat dan memiliki IPK tinggi, ternyata harus memiliki sertifikat TOPIK atau sertifikat Bahasa Korea Minimal level 4.

“Saya di Korea Terhitung sejak bulan Februari akhir tahun 2016, saya mengambil sekolah Bahasa Korea selama 1 tahun dan berhasil sampai mendapatkan TOPIK level 5. saya melanjutkan kuliah di jurusan computer engineering selama dua tahun di Sunmoon University. Tahun ini tepatnya tanggal 14 Februari saya dinyatakan lulus dari 2 Universitas dan mendapatkan 2 gelar yaitu S.Kom dari Stiki malang dan juga B.Sc dari Sunmoon University” Tuturnya.

Baca Juga :  Lakukan Studi Banding, STKIP PGRI Tulungagung Belajar SPADA di Unikama

Syntia menjelaskan betapa bahagianya dia diberi kesempatan untuk menempuh double Degree di Sunmoon University, dia bercerita bahwa banyak sekali pengalaman yang di dapatkan mulai dari bisa bersosialisasi secara global dalam artian Syntia mempunyai banyak teman dari berbagai Negara, lalu mendapatkan ilmu budaya di Korea. Seperti kita ketahui Korea merupakan negara maju yang terkenal di dunia dengan pertumbuhan dan pembangunan Negara yang sangat cepat

“Hal menariknya mungkin lebih kepada budayanya, setelah sata tinggal di Korea selama 3 tahun dan belajar disini, saya banyak belajar budaya bagus dari Korea yang membuat saya tau kenapa Korea cepat dalam menjadi Negara maju. saya mengalami banyak Shock Culture, misalnya saja budaya “cepat-cepat”, jadi orang Korea suka sekali melakukan semuanya dengan cepat-cepat dan tidak suka membuang waktu dan masyarakat Korea juga cukup tinggi mengenai penghormatan mereka pada peraturan sehingga tingkat kriminalitas di Korea sendiri terbilang rendah. Banyak sekali budaya-budaya Korea yang bisa saya contoh dan nantinya bisa saya bawa ke Indonesia” Tuturnya lebih lanjut.

Baca Juga :  Asik! Belajar sambil Bermain dengan Kartu "UPIN" Ciptaan Mahasiswa Unikama

Mahasiswi jurusan Teknik Informatika ini memilih Sunmoon University sebagai tempat ia menimba ilmu karena Korea sendiri terkenal dengan kemajuan di bidang teknologinya, jadi Syntia ingin mengambil kesempatan belajar di Negaranya langsung, tidak berhenti sampai disitu harapan kedepannya Syntia ingin bekerja di salah satu perusahaan besar Korea yang berada di Indonesia sehingga dia memilih belajar di Korea sekaligus untuk belajar menguasai bahasa Korea.

Prestasinya tidak diragukan lagi, setelah mendapatkan dua gelar sekaligus dari Sunmoon University dan STIKI Malang, ia juga mendapatkan beasiswa Global Korean Schoolarship (GKS) dari Pemerintah Korea. “banyak sekali ilmu yang saya dapatkan khususnya di bidang teknologi, terutama di sekolah. fasilitas yang diberikan sekolah sangat lengkap, karena Pemerintah Korea sangat mementingkan pendidikan jadi banyak juga dana yang diberikan pemerintah untuk pendidikan.”

Syntia pada bulan Maret 2019 ini telah resmi melanjutkan S2 di Sunmoon University jurusan Computer and Electronic Engineering. benar-benar membanggakan bukan? harapan kedepannya untuk mahasiswa STIKI semoga nanti program ini akan terus berjalan dan banyak mahasiswa yang bisa mendapatkan kesempatan seperti Syntia, dan STIKI tetap mendukung mahasiswa-mahasiswanya untuk bisa menjadi sukses dalam berkarya dan berprestasi. (Jul)

 

Baca Juga :  Menang Kompetisi Video se-Indonesia, Mahasiswa STIKI Malang Ini Petik Banyak Hikmah

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *