Bantu Penyandang Disabilitas, Tiga Mahasiswa ITS Ciptakan DEFboard

Infokampus.news – Tim mahasiswa yang terdiri dari Sangki Purabaya mahasiswa teknik industri angkatan 2017, Rpzan Putra Dandi mahasiswa teknik angkatan 2016, dan Alif Aditya Wicaksono, mahasiswa teknik komputer 2018. ketiganya merupakan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berhasil menciptakan DEFboard.

Defboard merupakan keyboard atau papan ketik kaki yang dibuta untuk membantu orang yang memiliki keterbatasan tangan atau penyandang disabilitas tangan. keyboard unik ini tidak dibuat secara sembarangan atau asala-asalan. dalam proses desain dan pembuatannya terdapat riset mendalam terlebih dahulu dengan mengaplikasikan basis ergonomi dan anthropometri, segingga sesuai dengan kebutuhan penggunannya.

Pertama kali ide muncul dari Alif Aditya yang menyusun prototipe keyboard kaki, menurutnya penyandang disabilitas memiliki kesempatan sama dengan kebanyakan orang lainnya. namun, di awal merancang inovasinya, ia belum memiliki basis ilmiah terkait produknya.

Melalui bimbingan Dr Adithya Sudiarno selaku dosen Depertamen Teknik Industri ITS, dimulailah penyususnan DEFboard generasi berikutnya yang telah dilakukan banyak peningkatan dari segi bentuk dan kenyamanan penggunaan.

Baca Juga :  Kampus Unikama Bakal Terima 2000 Mahasiswa Baru di Tahun 2022

Dalam proses penyusunannya, tim DEFboard harus melakukan riset terkait dimensi kaki manusia. data pengukuran kaki manusia digunakan sebagai acuan dimensi keyboard mereka.

“disini kita melakukan pengukuran kaki orang secara langsung.” ucap Sangki Purabaya. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *