Batik Podhek Khas Madura Binaan Dosen UNIDHA Ini Bernilai Jutaan Rupiah Lho!

Infokampus.news, Malang – Batik podhek adalah salah satu batik khas madura yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Ruang lingkup batik ini masih sangat kecil yakni di kawasan Madura saja, padahal potensi yang dimiliki oleh batik ini sangatlah tinggi.

Itulah yang membuat sekelompok dosen UNIDHA, Dra. Yayuk ngesti rahayu, Dr. M. Baidawi M.Pd dan Dwi ekasari harmadi  S.E., A.k., M.M. tergerak untuk melakukan pendampingan khusus terhadap masyarakat di kawasan Podhek, Pamekasan tersebut.

“Yang menarik dari batik ini adalah ciri khas motifnya yakni dari tumbuhan, bunga, hewan yang memang menggambarkan masyarakat disana dekat dengan alam.” Tukas Baidawi pada tim infokampus.news.

Batik Podhek Khas Madura Ini Ternyata Punya Potensi Besar Setelah Dibina Oleh Para Dosen UNIDHA

Keunikan ini memang bagus, namun masyarakat masih belum bisa membuat kreasi berbeda dalam motif batik itu. Hal inilah yang dilakukan oleh Baidawi dan timnya untuk mengembangkan Batik Podhek diawali dari inovasi motif.

“Motif desain kita berikan contoh khas batik nusantara seperti apa, ternyata mereka bisa. Nah, sehingga bisa menginspirasi mereka memodif batik agar tidak monoton motifnya.” Tambah dia.

Selain membina untuk melakukan inovasi, kelompoknya juga berupaya untuk membentuk koperasi untuk para perajin batik ini. Karena disamping inovasi yang kurang, masyarakat juga perlu bantuan modal.

“Pemodalan dari koperasi ya berupa kain, zat pewarna, malam begitu. Selain modal kami juga membantu agar distribusinya lebih luas dan juga branding tidak hanya di kawasan madura, sekarang sudah ada juga relasi kami yang membuat pameran batik Podhek di Australia dan Thailand.” Tutur dia.

Dengan bimbingan dari kelompok dosen UNIDHA ini hingga saat ini pemasaran batik makin luas dan range harga jual untuk batik ini juga kian meningkat.

“Range harga mulai dari seratus ribu hingga jutaan, Alhamdulillah warga juga sangat antusias dengan binaan ini karena sebelumnya mereka belum pernah mendapat pembinaan.” Pungkas dia. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peringati 50 Tahun ASEAN, Universitas Brawijaya Ajak Pemuda Sebarkan Pesan Perdamaian

Dalam rangka memperingati 50 tahun ASEAN, Universitas Brawijaya bersama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia membuat serangkaian kegiatan

Close