Beasiswa AUN/SEED-Net Untuk Jenjang S2 dan S3!

Batas pendaftaran: 31 Oktober 2017

Infokampus.news – Program beasiswa pascasarjana satu ini cukup rutin ditawarkan. AUN/SEED-Net Graduate Degree Program Scholarship. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi staf maupun lulusan dari perguruan tinggi anggota AUN/SEED-Net untuk melanjutkan studi jenjang S2 atau S3. AUN/SEED-Net merupakan kepanjangan dari ASEAN University Network/Southeast Asia Engineering Education Development Network. Anggotanya merupakan sejumlah universitas terbaik di ASEAN, seperti UGM, ITB, ITS, dan beberapa universitas di kawasan ASEAN lainnya. SEED-Net adalah salah satu sub jaringan yang berkaitan dengan pendidikan teknik dari AUN. Pelamar beasiswa AUN/SEED-Net nantinya harus mengambil studi yang terkait dengan teknik di universitas tuan rumah yang dilamar.

Selain jenjang master, Beasiswa AUN/SEED-Net juga memberi kesempatan beasiswa S3 Sandwich, beasiswa S3 di Jepang, serta beasiswa S3 di Singapura (NUS dan NTU). Umumnya beasiswa bisa diambil di universitas-universitas anggota AUN/SEED-Net. Sementara, universitas-universitas di Jepang menjadi institusi pendukung dari program beasiswa AUN/SEED-Net.

Di tahun 2018, AUN/SEED-Net menawarkan sekitar 40 beasiswa untuk jenjang master, sekitar 20 beasiswa untuk program doktor Sandwich, 20 beasiswa untuk S3 di Jepang, dan 20 beasiswa S3 di Singapura.

Beasiswa AUN/SEED-Net 2018 mencakup biaya hidup, biaya kuliah, asuransi kesehatan, tunjangan relokasi, serta tiket pesawat PP. Kemungkinan juga disediakan dukungan tambahan dari universitas tuan rumah dan juga perguruan tinggi asal. Pembiayaan ini akan mulai berjalan seiring dengan dimulainya studi. Beasiswa diberikan selama 2 tahun untuk program S2, dan 3 tahun untuk S3.

Persyaratan jenjang S2:

1. Pelamar merupakan staf fakultas dari perguruan tinggi pengirim atau lulusan yang memiliki motivati kuat untuk mengejar karir profesional sebagai staf fakultas di perguruan pengirim
2. Pelamar mendapat persetujuan untuk mendaftar dari perguruan tinggi pengirim di negara asal mereka, di mana diharapkan mereka menjadi staf fakultas setelah lulus
3. Pelamar memegang gelar sarjana pada bidang teknik yang relevan, atau menyelesaikan gelar sarjana sebelum program gelar berjalan
4. Pelamar harus memenuhi setidaknya satu standar performa akademik berikut:
▪ Masuk dalam peringkat 15 % terbaik di kelas saat lulus atau tahun terakhir jenjang sarjana
▪ IPK minimum 3.0 untuk skala 4 atau 7,5 untuk skala penilaian 10
▪ Memiliki prestasi akademik luar biasa dengan dukungan bukti penghargaan atau publikasi
5. Pelamar memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris untuk belajar dan melakukan penelitian dalam bahasa Inggris. Sangat direkomendasikan untuk mengirim sertifikat kemampuan bahasa Inggris
6. Pelamar berusia di bawah 30 tahun saat mendaftar
7. Pelamar memiliki kesehatan yang baik
8. Beasiswa untuk tahun fiskal Jepang (JFY) 2018 (perkuliahan mahasiswa mulai antara 1 April 2018 – 31 Maret 2019). Beasiswa tidak dapat diberikan bagi pelamar yang:
– Sudah memulai studi mereka sebelum pengumuman beasiswa JFY 2018
– Sudah menerima beasiswa dari beasiswa lainnya.
9. Pelamar harus mendaftar untuk perkuliahan yang disediakan oleh institusi tuan rumah (host) di negara lain (tidak diizinkan di negara asal pada proyek fase 4)

** Perguruan tinggi pengirim haruslah anggota AUN-SEED-Net. Di Indonesia yakni UGM, ITB, ITS, dan UI.

Dokumen aplikasi:

1. Formulir aplikasi, dilengkapi dengan foto dan ditandatangani (Unduh)
2. Salinan ijazah dilegalisir
3. Salinan transkrip akademik dilegalisir
4. Surat keterangan prestasi akademik ketika studi sarjana yang menunjukkan peringkat kelas dan IPK kumulatif dari dekan atau kantor registrar
5. Surat pengesahan dari rektor atau dekan dari perguruan tinggi asal dengan status dan posisi Anda saat ini
6. Surat rekomendasi dari pembimbing Anda
7. Dua surat rekomendasi dari Dekan atau atau pimpinan departemen
Dokumen penunjang:
8. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris
9. Abstrak tesis
10. Proposal tesis/rencana studi riset
11. Dokumen tambahan (silakan sebutkan)

Pendaftaran AUN/SEED-Net:

Pelamar beasiswa AUN/SEED-Net terlebih dahulu harus mendapat persetujuan dan pengesahan dari institusi pengirim di negara asal. Setelah memperoleh surat pengesahan, pelamar kemudian diminta mengajuan dua jenis aplikasi.

1. Formulir aplikasi AUN/SEED-Net
2. Formulir aplikasi institusi tuan rumah

Kedua formulir tersebut dapat diunduh melalui laman AUN/SEED-NET.

Untuk mendapatkan persetujuan dari institusi pengirim, disediakan daftar kontak person yang bisa dihubungi. Bisa diunduh melalui link tertera, tepatnya dalam panduan.

Pendaftaran Tahap 1:
Siapkan 3 set dokumen hard copy berikut yang dimuat dalam amplop terpisah yang ditujukan ke kontak person institusi pengirim yang mengesahkan.

▪ 1 set dokumen untuk AUN/SEED-Net:
1. Formulir aplikasi AUN/SEED-Net (asli)
2. Dokumen pendukung lainnya

▪ 1 set dokumen untuk institusi tuan rumah/bidang studi prioritas pertama:
1. Ringkasan halaman formulir aplikasi AUN/SEED-Net (copy)
2. Formulir aplikasi institusi tuan rumah prioritas pertama
3. Dokumen pendukung lainnya

▪ 1 set dokumen untuk institusi tuan rumah/bidang studi prioritas kedua:
1. Ringkasan halaman formulir aplikasi AUN/SEED-Net (copy)
2. Formulir aplikasi institusi tuan rumah prioritas kedua
3. Dokumen pendukung lainnya

* Dokumen pendukung lainnya bisa dilihat di dokumen aplikasi di atas (poin 2 – 11). Jika pelamar tidak memiliki pilihan institusi tuan rumah/bidang studi prioritas kedua, maka set dokumen itu tidak perlu disertakan. Lebih teknis bisa dilihat di panduannya.

Setelah menyerahkan dokumen tersebut, institusi pengirim yang nantinya akan melakukan pengesahan sekaligus mengirimkan aplikasi lengkap tersebut ke AUN/SEED-Net dan juga institusi tuan rumah.

Pendaftaran Tahap 2:
Setelah menyerahkan dokumen aplikasi di atas, pelamar diminta mengirimkan dokumen berikut yang ditujukan langsung ke AUN/SEED-Net melalui email: [email protected] dengan subjek “Application: Master’s JFY 2018”.
1. Formulir aplikasi AUN/SEED-Net dalam format Microsoft Excel
2. Scan copy surat pengesahan

Pengumuman beasiswa akan disampaikan melalui institusi pengirim pelamar. Hasil final akan disampaikan secara online melalui www.seed-net.org.

Batas terakhir pendaftaran 31 Oktober 2017 untuk tahun akademik 2018. Untuk program S3, penjelasan bisa dilihat melalui link unduhan formulir aplikasi di atas.

Kontak:

Master’s Program: [email protected]
Doctoral Degree Sandwich Program: [email protected]

Selamat mencoba! (fam)

 

Sumber: http://www.seed-net.org/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa UB Ini Jadi Delegasi Ajang Pemuda Mendunia Di Malaysia!

Mahasiswa Jurusan Teknik Industri berkesempatan menjadi salah satu dari 60 delegasi Program Pemuda Mendunia Batch II di Malaysia.

Close