Beasiswa Bidikmisi Sukses, ‘Beasiswa Tetaplah Hanya Bantuan’

Infokampus.news, Malang – Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno M.S wakil rektor 3 Universitas Brawijaya Malang ditemui beberapa waktu lalu dalam acara Monitoring dan Evaluasi Bidikmisi (MONEV) mengaku bangga pada hampir seluruh penerima bidikmisi yang ada di UB. Ia mengatakan banyak dari mahasiswa ini yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik serta mampu menjaga kestabilan Indeks Prestasi Kumulatilf (IPK) dengan baik.

“Untuk IP sukur banyak yang 3,00 ke atas, kalau dilihat mereka ini lebih tinggi dibanding mahasiswa jalur reguler. Selain itu rata-rata mereka tepat waktu lulusnya dengan IPK yang tinggi, nah banyak juga ini pas wisuda IPK tertinggi datang dari mahasiswa bidikmisi,”ujarnya antusias.

Arief mengamini wacana kenaikan beasiswa bagi para penerima beasiswa bidikmisi di tahun 2017, meskipun ia mengaku belum mendapat informasi langsung mengenai detail kenaikan yang akan diberikan dari pusat.

“Blm tau tapi yang jelas memang ditambah entah itu kuota ataupun nominal beasiswanya. Kita saja tahun ini terima 1.602 orang peserta bidikmisi, kalau tahun depan bertambah ya jelas kita turut senang,” paparnya.

Beasiswa Bidikmisi Merupakan Bantuan Pemerintah

Ia memaparkan kenaikan bagi penerima beasiswa bidikmisi ini juga merupakan usulan dari para wakil rektor bidang akademik se-Indonesia. Ia bersyukur Kemenristek Dikti mau menindak langsung usulan ini serta mau menambah anggaran untuk penambahan beasiswa tahun depan.

“Ini merupakan salah satu usulann wakil rektor 3 se Indonesia pada menristek untuk kenaikannya beasiswa bidikmisi ini. Tapi sampai sekarang untuk penerima kita belum tau ini berapa nominal untuk mereka yang turun,” tambahnya.

Banyak pihak mengklaim jumlah yang diterima mahasiswa terbilang kurang untuk kebutuhan mereka dalam kehidupan sehari-hari selama menjadi mahasiswa. Namun, ia menyimpulkan bahwa sebenarnya beasiswa bidikmisi ini merupakan bantuan untuk para mahasiswa yang kesulitan dalam menimba ilmu, bukan beasiswa full yang diberikan oleh pemerintah.

“Untuk bulanan mereka sekarang jelas kurang ya, masih di Malang lho ini. Tapi kan sebenarnya ini bukan beasiswa full gitu, tapi bantuan bidikmisi untuk yang kurang mampu,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Beasiswa bidikmisi merupakan beasiswa bagi calon mahasiswa yang kurang mampu namum memiliki prestasi di bidang akademis maupun non akademis. Jumlah penerima beasiswa pemerintah melalui Kemenristek Dikti tahun 2016 sekitar 75.000 dan Menristek Dikti M. Nasir ditemui beberapa waktu lalu menyampaikan tahun 2017 nanti jumlah penerima meningkat hingga 90.000 orang.
  • Banyak sekali loh jenis beasiswa di kampus, salah satunya sebelum memasuki bangku perkuliahan kamu bisa nih menfdaftarkan diri untuk beasiswa bidikmisi. Beasiswa ini sendiri ditujukan untuk para pelajar yang kurang mampu namun cukup aktif di bidang akademis maupun non akademis.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kisah di Balik Foto, ‘Fotografi Tidak Hanya Seni Motret, Tapi Juga Membangun Relasi Sosial’

Fotografi merupakan salah satu seni yang cukuo digandrungi anak muda di era sekarang, terlebih jika memang ada bakat untuk memotret...

Close