Beasiswa D3 AKMET Kementerian Perdagangan RI tahun 2020

INFOKAMPUS.NEWS – Hai Sobat FoKus pemburu beasiswa gratis. saat ini Kementerian Perdagangan RI membuka kesempata bagi kalian untuk mengikuti pendidikan program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi pada Akademi Metrologi dan Instrumentasi (AKMET).

Metrologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai pengukuran. ilmu ini diperlukan untuk mengukur pengukuran dengan benar serta hasilnya dapat dipercayai. progam ini mendidika para mahasiswa supaya mampu menerapkan pengetahuan kemetrologian, memecahkan persoalan dalam praktek-praktek kemetrologian, memanfaatkan teknologi dalam menunjang tugas-tugas kemetrologian, serta dapat mengikuti perkembangan metrologi legal dan teknologi lain yang menunjang tugas kemetrologian.

Program ini memberikan beasiswa penuh meliputi seluruh biaya pendidikan sehingga dalam proses pendaftaran, seleksi hingga proses perkuliahan sampai lulus, kalian tidak akan dikenakan biaya apapun.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

Berusia tidak lebih dari 21 tahun per tanggal 31 Desember 2020

 

Merupakan lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA atau SMK dengan keahlian terkait bidang ilmu Fisika (Teknik mesin, teknik otomotif, teknik sipil instrumentasi dan bidang lain terkait ilmu fisika) yang telah lulus di tahun sebelumnya maupun yanag akan lulus di tahun 2020

 

Persyaratan nilai rapor untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris minimal 70,00 dengan skala 100 dari Semester 1 Kelas X sampai dengan Semester 5 Kelas XII.

 

Surat Keterangan Konversi nilai skala 0-100 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (khusus bagi peserta yang nilainya menggunakan skala nilai huruf atau nilai skala 0-10). Format surat keterangan konversi nilai bisa didownload di website: http://akmet.kemendag.go.id.

 

Sehat jasmani dan tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna dari dokter Rumah Sakit Pemerintah (untuk peserta yang telah lulus Tes Kemampuan Akademik).

 

Berkas dokumen yang dibutuhkan, Siapkan berkas dokumen berikut dalam bentuk softcopy (hasil scan dalam format JPG):

  1. Pasfoto berwarna 3 bulan terakhir, rasio/ukuran 4×6 cm, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 500 KB.
  2. Scan Akta Kelahiran, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1 MB.
  3. Scan Ijazah (atau SKHU bagi lulusan 2020), resolusi minimum 150 dpi dengan ukuran file maksimum 1 MB.
  4. Scan Hasil UN asli, resolusi minimum 150 dpi.
  5. Scan Kartu Keluarga, resolusi minimum 150 dpi, dengan ukuran file maksimum 1 MB.

Untuk mendaftar Beasiswa D3 AKMET, peserta dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: http://akmet.kemendag.go.id/registrasi.

Upload hasil scan berkas dokumen yang telah disiapkan pada formulir pendaftaran di atas. Pastikan dokumen yang anda upload dapat terbaca. Pendaftaran dengan dokumen yang tidak terbaca (akibat resize terlalu kecil) dapat mengakibatkan pendaftaran tidak dapat diproses.

JADWAL PENDAFTARAN & SELEKSI:

  1. Pendaftaran Online: 21 Februari s/d 14 JUNI 2020
  2. Seleksi Administrasi (dilakukan oleh panitia, peserta tidak perlu hadir): 15 s/d 25 Juni 2020
  3. Pengumuman peserta Tes Kemampuan Akademik: 26 Juni 2020
  4. Proses verifikasi dokumen (dilaksanakan di Bandung dan Surabaya): 18 Juli 2020
  5. Tes Kemampuan Akademik (Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum) dilaksanakan di Bandung dan Surabaya: 19 Juli 2020
  6. Pengumuman hasil Tes Kemampuan Akademik: 19 Juli 2020
  7. Ujian Psikotest (peminatan) dilaksanakan di Bandung dan Surabaya: 20 Juli 2020
  8. Pengumuman Hasil Akhir Seleksi: 7 Agustus 2020
  9. Pendaftaran Ulang: 21 Agustus 2020
  10. Pengenalan Studi: 24 s/d 26 Agustus 2020
  11. Perwalian: 27 s/d 28 Agustus 2020
  12. Awal Kuliah: 31 Agustus 2020
    Seluruh hasil pengumuman masing-masing seleksi akan diinfokan pada website resmi: akmet.kemendag.go.id.

 

Lulusan AKMET mempunyai keunggulan dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Metrologi Nasional, karena selain diajarkan ilmu metrologi, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu instrumentasi sehingga mereka memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan kemajuan alat ukur.

Lulusan AKMET dapat berkarir sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Kementerian Perdagangan atau Dinas Pemerintahan Kabupaten/Kota yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia. Selain itu, lulusan AKMET juga mempunyai kesempatan berkarir di industri yang berkaitan dengan bidang keteknikan (engineer) terutama bidang instrumentasi. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *