Beasiswa D3 Di Jepang

Infokampus.news Jika biasanya beasiswa hanya berkutat pada peminat S1, maka berbeda dengan beasiswa ini. Beasiswa ini tidak hanya level sarjana, tapi juga beasiswa diploma. Beasiswa D3 yang ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat ini ditawarkan untuk berbagai program studi di universitas atau perguruan tinggi di Jepang. Sejumlah fasilitas disediakan jika pelamar berhasil terpilih.

Bantuan beasiswa Monbukagakusho di antaranya terdiri dari biaya kuliah yang ditanggung 100 persen, tiket pesawat pp Indonesia-Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, serta tunjangan bulanan ¥117.000 (sekitar Rp 14,4 juta). Menariknya, pelamar yang terpilih juga tidak perlu menjalani ikatan dinas setelah menyelesaikan studi dengan beasiswa D3 di Jepang ini.

Masa studi yang harus ditempuh adalah 4 tahun, termasuk 1 tahun belajar di preparatory school. College of Technology juga memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SMP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).

Persyaratan:    

1. Lulusan SMA, SMK dan sederajat Jurusan IPA saja
2. Lahir antara tgl. 2 April 1996 sampai dengan tgl. 1 April 2001
3. Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0

Pilihan bidang studi:

Pelamar dapat memilih maksimal 3 bidang studi yang sesuai dengan kategorinya (Kimia/Fisika).
Kimia    : Materials Engineering.
Fisika  : Mechanical Engineering; Electrical and Electronic Engineering; Information, Communication and Network Engineering; Architecture; Civil Engineering; Maritime Engineering; Other Fields.

Jadwal Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Mei 2017 – 5 Juni 2017. Pendaftaran ini diperuntukkan bagi pelamar lulusan tahun 2017 saja (tidak untuk lulusan tahun 2016 dan tahun sebelumnya).

Tahap Seleksi:

Pengumuman seleksi dokumen akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 3 Juli 2017, dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar.

Bagi yang lolos seleksi dokumen akan mengikuti Ujian Tulis di Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar atau Denpasar pada pertengahan Juli 2017.

Bagi yang lolos seleksi Ujian Tulis akan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu seleksi wawancara. Wawancara akan diadakan di Jakarta pada pertengahan Agustus 2017. Detail jadwal wawancara akan diberitahukan kemudian. (Biaya transportasi dan akomodasi tidak disediakan oleh Kedutaan Besar Jepang).

Kedutaan Besar Jepang akan merekomendasikan peserta yang lolos seleksi wawancara ke Monbukagakusho/MEXT (pemberi beasiswa Monbukagakusho) sebagai kandidat dari Indonesia. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain dalam penyeleksian tahap akhir ini.

Bagi yang lolos seleksi tahap akhir, akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan sekitar Januari 2018. Penerima beasiswa akan berangkat ke Jepang pada awal April 2018. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini. (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beasiswa Endeavour S2-S3 Di Australia

Jika terpilih, calon penerima beasiswa akan diganjar dengan Beasiswa Endeavour full yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Close