Beasiswa Jepang S2 oleh Aichi Scholarship Program

Batas Pendaftaran: 31 Maret 2017

Infokampus.news – Beasiswa S2 ke Jepang kali ini ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Aichi di Jepang dalam skema Aichi Scholarship Program. Beasiswa ini ditawarkan bagi pelajar di kawasan Asia untuk melanjutkan studi S2 selama 2,5 tahun meliputi: enam bulan masa riset dan 2 tahun masa studi Master pada bidang yang berkaitan dengan industri di Aichi. Setelah menyelesaikan masa studi, para penerima beasiswa diharapkan untuk dapat bekerja di kawasan Provinsi Aichi.

Beasiswa S2 ke Jepang oleh Aichi Scholarship Program

Program Beasiswa Jepang ini akan dilaksanakan pada universitas yang terletak di provinsi Aichi, sebagai berikut:
1. Toyohashi University of Technology: www.tut.ac.jp
2. Nagoya University: nagoya-u.ac.jp
3. Aichi University: www.aichi-u.ac.jp
4. Chukyo University: www.chukyo-u.ac.jp

Daftar lengkap universitas lainnya bisa dibuka pada link berikut: List of Universities in Aichi.

Beasiswa akan diberikan selama 2 tahun 6 bulan mulai Oktober 2017 hingga Maret 2020. Adapun beasiswa S2 yang diberikan meliputi:
1. Tunjangan hidup sejumlah 150.000 yen per bulan.
2. Tiket pesawat ekonomi dari Indonesia ke Jepang.
3. Biaya tes masuk, biaya masuk kuliah, serta tanggungan penuh biaya perkuliahan studi Master dan Riset.

Persyaratan:

1. Merupakan warganegara dan tinggal pada salah satu negara Asia berikut: Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, China, Timor Leste, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Maldives, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

2. Berusia kurang dari 35 tahun per tanggal 1 April 2017 atau lahir pada/setelah 2 April 1982.

3. Peserta memiliki gelar Sarjana/setara atau akan menyelesaikan studi S1 pada akhir Maret 2018.

4. Peserta harus mengambil studi yang relevan dan mendukung industri manufaktur di kawasan Aichi.

5. Memiliki mental dan fisik yang sehat.

6. Peserta memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik (N2 pada Japanese Language Proficiency Test atau di atasnya) untuk belajar dan mencari pekerjaan di Aichi. Hal ini dikarenakan studi Master kebanyakan diberikan dalam bahasa Jepang. Peserta diwajibkan untuk mempelajari bahasa Jepang selama 1,5 tahun pertama studi.

7. Peserta berkeinginan untuk mencari kerja pada perusahaan yang berlokasi di Provinsi Aichi, Jepang.

8. Selama masa studi, peserta harus berpartisipasi pada program internship (magang) di perusahaan yang dikenalkan oleh Pemerintah Provinsi Aichi.

9. Peserta tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan dari organisasi lainnya, termasuk Beasiswa Pemerintah Jepang dari negara asalnya. Selain itu, suami/istri peserta tidak sedang menerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Aichi.

10. Peserta harus sudah tiba di Jepang sebelum Oktober 2017.

11. Peserta berkeinginan untuk melanjutkan studi Master pada salah satu universitas di Aichi dan telah mendapatkan surat rekomendasi dari universitas yang dituju.

12. Peserta yang telah berada di Jepang tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

13. Sebelum mendaftar beasiswa, peserta diharuskan menghubungi supervisor pada universitas yang dituju untuk berdiskusi mengenai studi yang akan diambil.

Persyaratan Dokumen yang dibutuhkan:

1. Form Aplikasi (Download)

2. Pledge (Download)

3. Sertifikat kesehatan (dikeluarkan dalam 6 bulan terakhir) (Download)

4. Bukti Kelulusan berupa dua lembar Salinan resmi Ijazah, atau apabila masih kuliah peserta menyertakan Surat Keterangan Status Mahasiswa dan Surat Keterangan akan Lulus Program S1

5. Salinan resmi Transkrip Nilai

6. Salinan resmi Paspor/Akta Kelahiran/KTP

7. Surat Rekomendasi yang ditulis dalam bahasa Inggris:
a. Surat Rekomendasi untuk Gubernur Provinsi Aichi oleh Dosen/Kepala Jurusan (atau posisi yang lebih tinggi) dari Fakultas Universitas asal studi S1
b. Surat Rekomendasi untuk Supervisor pada universitas yang dituju oleh pembimbing/dosen universitas asal studi S1

8. Tiga lembar Pas foto ukuran paspor (4×3 cm) yang diambil dalam 6 bulan terakhir. Tulis nama dan asal negara pada bagian belakang tiap foto

9. Sertifikat Bukti Kemampuan Bahasa (Bahasa Jepang atau Bahasa Inggris, lebih diutamakan keduanya)

10. Terjemahan bahasa Jepang dari “14. Study Plan” dan “15. Proposed Work Plan After Completing the Program” yang tertera pada Form Aplikasi nomer 1 di atas

11. Terjemahan bahasa Jepang dari 7) Surat Rekomendasi untuk Gubernur Provinsi Aichi

Tata Cara Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Jepang dilakukan dengan mendaftar pada universitas/sekolah pascasarjana tujuan masing-masing (lihat website di atas). Ikuti langkah-langkah pendaftaran yang diberikan. Sebagai contoh, apabila anda memilih studi S2 di Toyohashi University of Technology, maka anda harus masuk pada website resmi universitas tersebut (www.tut.ac.jp) kemudian cari bagian Scholarship dan ikuti langkah-langkah pendaftaran yang diberikan.

Selanjutnya peserta diwajibkan menghubungi supervisor akademik pada kampus tujuan. Sebagai contoh, pada kampus Toyohashi University of Technology, peserta dapat memilih supervisor akademik pada link berikut: Department Information dan Faculty Members List. Kemudian siapkan persyaratan dokumen di atas beserta hasil terjemahan yang dibutuhkan. Kirimkan sebelum 31 Maret 2017 melalui email: [email protected], dilanjutkan melalui pos ditujukan kepada:
International Affairs Division
Toyohashi University of Technology
1-1 Hibarigaoka, Tempaku-cho, Toyohashi, Aichi, 441-8580 Japan
Tel: +81-532-44-6577
Fax: +81-532-44-6557

Batas waktu pendaftaran berbeda-beda pada masing-masing universitas. Pengumuman penerima beasiswa dilaksanakan pada Juni s/d Juli 2017.

Informasi lebih detail mengenai beasiswa s2 di Jepang oleh Aichi Scholarship Program dapat mengunjungi laman resminya pada: www.pref.aichi.jp. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (FAM)

 

Sumber: pref.aichi.jp

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lowongan Kerja Surya Citra Televisi Maret 2017!

Surya Citra Televisi adalah sebuah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia dan stasiun televisi swasta kedua di Indonesia

Close