CRCS UGM Tawarkan Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya

INFOKAMPUS.NEWSUniversitas Gadjah Mada (UGM) menawarkan Program Beasiswa SPP/UKT Tahun Ajaran 2019/2020 bagi lulusan S1 PTN atau PTS dengan preferensi pada lulusan Perguruan Tinggi Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu dan PT Umum. Beasiswa ditawarkan untuk studi S2 (Master Degree) pada Program Studi Agama dan Lintas Budaya (ALB) atau dikenal dengan Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS). Berikut informasi selengkapnya seputar Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya oleh CRCS UGM.

Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya oleh CRCS UGM

CRCS merupakan satu-satunya program akademik interdisipliner yang berfokus pada studi agama di sebuah universitas yang tidak berafiliasi dengan agama tertentu di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2000, CRCS menerima mahasiswa yang terdiri dari berbagai latar belakang agama dan disiplin ilmu baik dari dalam maupun luar negeri). Selain program studi S2, CRCS juga merupakan lembaga riset dan pendidikan publik.

Cakupan Beasiswa:

Beasiswa S2 CRCS meliputi biaya SPP senilai Rp 8.000.000,- per semester yang diberikan selama 4 semester. Program ini tidak menanggung biaya hidup, biaya penelitian, biaya buku, biaya transportasi, dan biaya lainnya.

Kewajiban Penerima Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya CRCS:

Penerima Beasiswa CRCS berkewajiban untuk bekerja selama 6 jam dalam satu minggu di CRCS. Terdapat 2 jenis pekerjaan yang ditawarkan:
-Pertama, menjadi Asisten Peneliti di bawah koordinasi Divisi Riset. Tugas dari Asisten Peneliti adalah membaca dan mengkliping berita-berita dari koran, majalah dan media online dengan tema yang telah ditentukan Divisi Riset. Teknik pengumpulan berita akan dijelaskan lebih lanjut oleh staf Divisi
Riset.

Baca Juga :  Kampus di Aceh Tawarkan Beasiswa Penuh untuk Youtuber, Tertarik?

-Kedua, menjadi Reporter di bawah Koordinasi Divisi Pendidikan Publik. Tugas dari Reporter adalah meliput kegiatan CRCS serta menulis berita berdasarkan hasil liputan tersebut untuk ditampilkan di website CRCS.

Persyaratan:

1. Merupakan lulusan D4/S1 dari program Sarjana yang terakreditasi pada universitas dalam negeri atau luar negeri. Dibuka untuk semua jurusan.
2. Memiliki IPK pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
a. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A
b. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B
c. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C
3. Memiliki hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal 450 (PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA BAPPENAS).
4. Memiliki hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Ketentuan skor TOEFL ITP min. 475 / TOEFL IBT min. 30 / IELTS 4.0 / TOEP PLTI min. 27 / AcEPT UGM min. 149.5. Pastikan anda telah memenuhi dokumen persyaratan untuk
mendaftar ke UGM (Lihat Persyaratan).

Baca Juga :  Resmi dibuka! Beasiswa LPDP 2019 untuk Magister - Doktoral
Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

1. Pasfoto ukuran paspor (3×4 cm).
2. Salinan ijazah dan transkrip nilai jenjang pendidikan Sarjana/setara yang telah dilegalisasi universitas asal.
3. Salinan sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara.
4. Sertifikat hasil tes potensi akademik (PAPs UGM/TPDA PLTI/TPA BAPPENAS) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat).
5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP/TOEFL IBT/IELTS/TOEP PLTI/AcEPT UGM) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat).
6. Deskripsi singkat research plan termasuk alasan mengapa pelamar tertarik memilih topik tersebut.
7. Melampirkan Surat Rekomendasi dari 2 orang yang mengenal pelamar pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar (DOWNLOAD FORMAT SURAT REKOMENDASI).
8. Proyeksi keinginan pelamar dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (DOWNLOAD FORMAT).
9. Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi pelamar yang sudah bekerja.
10. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah.
11. Mengajukan Surat Lamaran Beasiswa ke Ketua Program Studi Agama dan Lintas Bidaya menjelaskan alasan mengapa melamar beasiswa CRCS dan layak mendapatkan beasiswa CRCS.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Tanoto Foundation Berikan Beasiswa bagi 150 Mahasiswa

12. Surat Pernyataan dari pelamar yang membuktikan bahwa sedang tidak mendapatkan beasiswa dari institusi lain.

Cara Mendaftaran:
Pendaftaran atau seleksi akan dilaksanakan berdasarkan prosedur pendaftaran masuk program Pascasarjana UGM. Pelamar diwajibkan untuk mendaftar secara online pada um.ugm.ac.id dengan pilihan jalur reguler (pantau terus website di atas untuk melihat informasi pendaftaran Program Pascasarjana UGM Tahun Ajaran 2019/2020). Pada formulir pendaftaran online, pilih Program Studi Agama dan Lintas Budaya.

Jika berkas pendaftaran Anda telah masuk di kantor CRCS, selanjutnya staf CRCS akan menghubungi Anda untuk koordinasi jadwal wawancara lebih lanjut. Bagi pelamar yang berada di luar Yogyakarta dapat mengikuti tes wawancara melalui telepon atau Skype.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya dilakukan setelah mahasiswa mendaftar di UGM. Pendaftaran Program Pascasarjana UGM Semester Gasal TA 2019/2020 Gelombang 2 paling lambat tanggal 4 JULI 2019.

Informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa S2 CRCS UGM,
dapat menghubungi kontak berikut:
WhatsApp: 0895-3488-26158 (staf akademik)
Telepon kantor: 0274 – 544976
Email: crcs@ugm.ac.id
Sumber Website resmi: www.crcs.ugm.ac.id

Sekian info seputar Beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya oleh CRCS UGM. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (him)

 

 

Source: INDBeasiswa

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *