Begini Penjelasan Rinci Warek I Prof. Kusmartono Terkait Jalur Mandiri UB

Infokampus.news, Malang – Universitas Brawijaya (UB) resmi menghapus tes masuk untuk jalur mandiri pada tahun 2017 ini. Diungkapkan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Kusmartono, pada tahun ini, UB nantinya akan menggunakan nilai peserta yang telah mengikuti SBMPTN 2017. Artinya, bagi para lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin masuk UB lewat Jalur mandiri haruslah mengikuti tes SBMPTN 2017.

“Jalur mandiri di UB itu tetap ada, cuma hanya tesnya yang dihapus. Jadi, UB sudah berkoordinasi dengan pusat untuk menggunakan nilai SBMPTN 2017 sebagai tolak ukur penerimaan jalur masuk mandiri,” Paparnya.

Peserta Masih Bisa Ikut Jalur Mandiri Walau Saat SBMPTN Tidak Memilih UB

Diakui oleh Prof. Kusmartono, pendaftar jalur mandiri nantinya difokuskan hanya bagi yang memang mengikuti tes SBMPTN 2017. Pun jikalau peserta tersebut tidak memilih UB pada saat tes SBMPTN, Dirinya masih tetap bisa mendaftar jalur mandiri UB.

“Kita nanti hanya melihat nilai SBMPTNnya saja, Jika ada siswa yang ingin masuk lewat jalur mandiri UB namun saat SBMPTN tidak memilih UB itu sangat dibolehkan. Jadi, nanti saat pendaftaran peserta diminta untuk menyebutkan nomor peserta SBMPTNnya, nah dari situ Nilai SBMPTN para pendaftar jalur mandiri itu kita rangking sesuai kuota jalur mandiri yang sudah UB sediakan,” pungkasnya.

Tes Keterampilan Jalur Mandiri UB  Masih Ada Untuk Beberapa Fakultas

Namun, Walaupun tes tulis Jalur Mandiri UB sudah ditiadakan, beberapa fakultas masih tetap mengadakan tes khusus seperti tes wawancara, Keterampilan dan Kesehatan. Hal tersebut masih dilakukan karena dibeberapa fakultas masih menuntut adanya suatu keterampilan dari peserta sebelum masuk ke fakultas tersebut.

“Kalau di FEB, FISIP, FIA itu masih ada tes keterampilan khusus untuk kelas internasionalnya saja, kalau kelas biasanya tidak ada. Kalau di FIB itu masih ada tes keterampilan, dan di FK itu masih ada tes kesehatan. Karena di beberapa kelas khusus tersebut memang dibutuhkan keterampilan yang khusus,” Pungkasnya. (uch)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Himbauan Penting Tim Panlok 55 Malang Kepada Para Pendaftar SBMPTN 2017

Infokampus.news, Malang - Dra Aminarti Wahyuni menghimbau pendaftar SBMPTN 2017 untuk mengisi data dengan informasi yang benar dan detail.

Close