Bekali Mahasiswa, FE UNISMA Usung Dua Tema dalam Seminar Sehari

Infokampus.news Continuous Improvement dan Maju Bersama dalam membangun Ekonomi Bangsa merupakan semboyan yang dipegang oleh Fakultas Ekonomi UNISMA dalam komitmennya menjalankan Caturdharma Pendidikan Tinggi. Hal ini membawa dampak dengan diterimanya Peringkat Akreditasi “ A” dari Badan Akreditasi Nasional BAN PT untuk Program Studi S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi UNISMA dengan nomor SK 4500/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 setelah sebelumnya program studi S-1 Manajemen UNISMA telah meraih akreditasi A. Hal ini merupakan kado yang sangat istimewa mengingat 2 program studi yang berada dibawah Fakultas Ekonomi UNISMA telah memproleh akreditasi A dari BAN PT. sebagai bentuk komitmen atas pencapaian tersebut Fakultas Ekonomi UNISMA tidak hanya berhenti dalam meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa.

Salah satu bentuk peningkatan kualitas layanan tersebut pada Hari Sabtu, 23 Desember 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang bekerjasama dengan IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya mengadakan kegiatan Workshop Metodologi Penelitian dan Strategi Publikasi Riset Bisnis Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program S1 Fakultas Ekonomi dan mahasiswa Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Islam Malang. Workshop Metodologi Penelitian tersebut berlangsung di Hall Abdurahman Wahid gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang. Peserta workshop diberikan materi metodologi penelitian dan strategi publikasi pada jurnal ilmiah.Tujuan kegiatan ini adalah membekali mahasiswa terkait teknis, mekanisme penelitian serta kiat jitu untuk mengubah skripsi dan tesis menjadi artikel yang dapat terbit di jurnal nasional maupun internasional. Di samping itu juga untuk meningkatkan kualitas lulusan khususnya dalam bidang penelitian, “Upaya peningkatan kualitas mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang penting seiring dengan dinamika serta problematika sistem pendidikan. Berbagai upaya perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas mahasiswa.

Seminar yang Meningkatkan Kualitas Mahasiswa

Diantara indikator meningkatnya kualitas mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang adalah adalah adanya peningkatan kualitas penelitian baik dari segi tata tulis, susunan kalimat maupun ide penelitian yang diajukan.
Nur Diana SE, MSi. Selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam malang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keterbatasan pengalaman mahasiswa dalam melakukan penelitian sangat dipengaruhi oleh keterbatasan kompetensi dalam melakukan penelitian serta keterbatasan kesempatan untuk melakukan kegiatan penelitian.

Disamping itu terdapat keterbatasan untuk melakukan publikasi hasil riset ke jurnal/prosiding. Hal ini merupakan persyaratan mutlak bagi mahasiswa saat akan meraih gelar sarjana baik S-1 maupun S2. Akibatnya ketika mahasiswa dituntut untuk melakukan penelitian mengalami kesulitan. Kendala yang biasa dihadapi oleh mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir kuliah (skripsi/ tesis)adalah bagaimana cara menggali ide dan menentukan jenis penelitian yang akan dilakukan serta mengubah hasil penelitian skripsi maupun tesis menjadi artikel yang siap publis di jurnal nasional maupun internasional.
Kegiatan tersebut seolah menjadi angin segar bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang khususnya yang saat ini mengambil mata kuliah skripsi. Hal tersebut terbukti dengan antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kegitana tersebut sangat besar. Kegiatan diawali dengan workshop metodologi penelitian bisnis pada sesi 1 dan pada sesis kedua dilanjut dengan workshop strategi publikasi riset bisnis dengan narasumber Dr. Mohammad Fahrudin Arrozy SE, MSi, Ak, CA ( peneliti nasional ) yang diikuti oleh 400 peserta baik dari dosen, mahasiswa S1 maupun S2.
Nuri Badria, mahasiswa prodi akuntansi yang saat ini memenpuh skripsi mengatakan “Workshopnya sangat bermanfaat dan berisi bagi saya yang saat ini sedang mengerjakan tugas akhir. Disamping itu membantu saya belajar lebih memahami metodologi penelitian sdan persiapan saat nantinya publikasi pada jurnal nasional yang menjadi syarat yudisium kelulusan nantinya.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan sertifikat Brevet Pajak A&B oleh IAI Wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya kepada 10 peserta diklat Brevet pajak secara simbolis.

Dalam kesempatan yang sama di gelar pula opening Pendidikan Etika Pengembangan Diri yang akan di gelar selama satu bulan kedepan serta workshop untuk menguatkan karakter lulusan FE Unisma agar dapat dan mampu bekerja sesuai passion mereka. Mengusung tema Etikan dan Self Development dalam memasuki Dunia Kerja Sesuai Passion dengan dipandu motivator Dr. Umi Dayati, M.Si. Workshop ini mengupas berbagai hai detail dalam persiapan memasuki dunia kerja seperti praktik berupa sikap dan strategi yang harus di tunjukan saat menghadapi wawancara kerja, service excellent hingga etika busana kerja yang baik.

Dekan Fakultas Ekonomi UNISMA mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu cara fakultas ekonomi pada khususnya untuk mempersiapkan lulusannya agar semakin siap menghadapi dunia kerja. (sig/HUMAS UNISMA)

Berita Terkait

  • Universitas Islam Malang (UNISMA) kembali jalin kerja sama internasional. Kali ini bekerjasama dengan Islamic Society of Darwin
  • Agar produksi tanaman organik lebih melimpah, lebih bernutrisi dan bisa bebas dari hama penggunaan pupuk juga perlu
  • Infokampus.news, Malang - Universitas Islam Malang (UNISMA) menghadiri acara yang digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan bertajuk “Malam Anugerah Kemahasiswaan Tahun 2017”. Acara tersebut bertempat di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (6/12). Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan motivasi segala bentuk kegiatan Bidang Kemahasiswaan agar terus berkarya dalam penalaran, kreativitas, minat, bakat, serta mental spiritual mahasiswa. Pada kesempatan itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan…

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Hari Ibu, UIN Maliki Malang Beri Santunan Untuk Para Janda!

Bersamaan dengan hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember ini, UIN Maliki Malang beri santunan untuk para dhuafa di...

Close