H-3 Penutupan, Belasan Ribu Sekolah Belum Tuntaskan Pengisian dan Verifikasi PDSS

Infokampus.news – Seperti yang telah diinformasikan di laman resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terkait Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), jadwal pengisian dan verifikasi PDSS SNMPTN 2019 oleh kepala sekolah atau perwakilannya tengah berjalan dan akan segera berakhir pada 25 Januari 2019 mendatang.

Meskipun tenggat pengisian dan verifikasi PDSS SNMPTN 2019 akan berakhir dalam 3 hari, hingga 18 Januari 2019 lalu tercatat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dari total pendaftar 27.057 masih sejumlah 13.662 sekolah yang sudah mengisi data. Sisanya, sebanyak 13.395 sekolah belum mengisi data siswa. Sementara itu, jumlah sekolah yang sudah melakukan finalisasi adalah 1327 sekolah dan jumlah siswa yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 50.978 siswa.

Dalam siaran pers LTMPT, Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengimbau seluruh kepala sekolah dan siswa yang belum melakukan pengisian dan verifikasi data agar segera menuntaskan proses pengisian dan verifikasi PDSS tersebut.

Ravik juga mengimbau para siswa yang telah mendaftar dan verifikasi PDSS agar memperhatikan tahapan berikutnya yakni pendaftaran SNMPTN yang telah dijadwalkan tanggal 4-14 Februari 2019.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini sendiri merupakan lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). LTMPT inilah yang nantinya akan melakukan pemeringkatan peserta SNMPTN 2019.

Pada SNMPTN 2019, siswa dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dalam satu PTN atau masing-masing 1 (satu) prodi dari 2 (dua) PTN. Daftar prodi dan daya tampung pada SNMPTN 2019 ini sendiri bisa dililhat di laman resmi http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran. Dalam pers rilis pula Ravik kembali mengingatkan para peserta SNMPTN yang memilih prodi bidang seni dan olahraga diwajibkan mengunggah portfolio.

Oleh karena itu, Sobat FoKus yang merasa belum menyelesaikan proses pengisian dan verifikasi PDSS, bisa segera merampungkannya. Perlu diketahui, SNMPTN ini gratis, tidak dipungut biaya apapun dan sepenuhnya ditanggung pemerintah. (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published.