BEM KM FK UNAIR Gencarkan Budaya Literasi, 3 Buku Dirilis!

Infokampus.news– Budaya literasi terus digaungkan oleh berbagai sivitas akademika, termasuk Universitas Airlangga. Terbukti dengan adanya inovasi atau kegiatan terkait bidang literasi. Salah satunya di ranah kepenulisan yang belakangan ini banyak ditekuni sejumlah pengajar serta mahasiswa melalui publikasi tulisan hasil karya mereka dalam bentuk sebuah buku.

Tak terkecuali di lingkungan Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR yang baru-baru ini merilis tiga buku kumpulan tulisan oleh ratusan mahasiswa. Yakni Book of KM, Plexus Memorabilia, serta Piramida Makna dan Gejolaknya.

 

Ketiga buku tersebut tersusun atas prakarsa dari biro literasi yang merupakan divisi baru pada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM FK UNAIR sejak tahun 2018. ”Kumpulan tulisan ini merupakan program kerja dari biro literasi di Kabinet Revolusi BEM KM FK UNAIR 2018. Bermula dari keresahan Prima Ardiansah Surya yang notabene adalah ketua BEM saat itu. Dia berpikir bahwa FK UNAIR memerlukan wadah untuk merekam setiap hal yang terjadi. Ya, melalui kumpulan tulisan ini,” terang Nur Sophia Matin, kepala Biro Literasi BEM KM FK UNAIR 2018.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

 

Program kerja tersebut juga bertujuan menanamkan budaya literasi di kalangan mahasiswa FK UNAIR. Sekaligus sarana berbagi informasi seputar pengalaman maupun prestasi antar mahasiwa. Sehingga dapat diwariskan kepada generasi FK UNAIR dan menjadi bahan evaluasi bagi seluruh adik tingkat hingga tahun-tahun berikutnya.

”Program kerja pertama kami adalah Book of KM yang merupakan ide dari Prima. Selanjutnya, saya mencetuskan untuk membuat Plexus Memorabilia. Kemudian, paguyuban INSULIN (Intuisi Khusus Literatur FK UNAIR) menginisiasi adanya kumpulan puisi yang diberi judul Piramida Makna dan Gejolkanya. Karena ini benar-benar baru, maka pengenalan budaya menulis kepada keluarga mahasiswa memerlukan upaya lebih. Ada juga yang menolak tanpa alasan,” ujar gadis yang akrab disapa Ophik itu.

 

Ophik menjelaskan bila ketiga buku tersebut memiliki sasaran yang berbeda. Book of KM memuat beragam esai berisi nilai-nilai positif dan ditujukan untuk internal KM FK UNAIR. Sementara buku Plexus Memorabilia merupakan kumpulan kisah dari para mahasiswa FK UNAIR selama menjalani seleksi masuk perguruan tinggi, beserta deskripsi mata kuliah FK, tips akademik mahasiswa FK, dan kisah inspiratif dari mahasiswa berprestasi. Karena itu, buku kedua lebih menyasar kepada pembaca yang masih duduk di bangku sekolah. Sedangkan buku Piramida Makna dan Gejolaknya merupakan kumpulan puisi dengan sasaran pembaca para pencinta sastra. (NID)

 

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.