Benarkah Peradaban Tertua Ada di Indonesia? Ini Penjelasan Sejarawan

Infokampus.news, Malang – Indonesia banyak menyimpan misteri peradaban. Hingga saat ini, para sejarawan dan arkeologi Indonesia maupun dunia terus melakukan penelitian serta menemukan berbagai artefak yang menyingkap sejarah sebenarnya dari bangsa Indonesia. Telah banyak ditemukan penemuan baru yang sebenarnya tidak selaras dengan teori yang dianut oleh banyak orang di dunia.

Dr. Blasius Suprapta M.Hum seorang sejarawan sekaligus dosen Universitas Negeri Malang (UM) mengatakan bahwa ada penemuan situs di Pacitan, Jawa Timur yang lebih tua dari situs yang ada di China maupun Dongson.

“Baru saja ditemukan bahwa di Pacitan itu ditemukan sisa sisa situs bengkel yang lebih tua dari yang ada di China atau Dongson. Hal ini ditemukan dari lapisan tanah madu namanya kalau kita sebut,” kata Blasius Suprapta dalam seminar sejarah Indonesia dalam perspektif regional di UM pagi ini, Rabu, 2 November 2016.

Bukan Mengimpor Alat Namun Mengimpor Ilmu

Jika diruntut dari sejarah kronologis yang ada di kawasan Asia Tenggara, sebenarnya termasuk negara kita sudah sangat maju di zaman itu. Buktinya banyak ditemukan artefak ataupun situs bengkel yang sama di beberapa daerah lainnya di luar Asia Tenggara. Bengkel situs yang dimaksud adalah area pembuatan benda bersejarah yang terbuat dari logam.

Baca Juga :

“Dalam perkembangan ilmu kita ini, yang diimpor bukan alat untuk mengolah logamnya namun kognitifnya. Alatnya tidak dibawa dari sana, tapi ilmunya jadi kita memproduksi sendiri disini,” pungkasnya.

Penulis : Irma Puspita
Editor : Galuh Pandu

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Kontes Mobil Hemat
Kontes Mobil Hemat Energi Dorong Teknologi Automotif di Kampus

Sebanyak 60 tim berlaga dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016. Ajang yang digelar dari 1 sampai 4 November

Close