Berhasil didanai, Dosen Unidha Realisasikan PKM di SD Kemiri 03

Infokampus.news– Sebagai wujud pertanggungjawaban pada Kemenrisetdikti, dua Dosen Universitas Wisnuwardhana (Unidha) selenggarakan kegiatan PKM Pengabdian Masyarakat di SD Kemiri 03, yang terletak di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang pada tanggal 3 Agustus lalu.

Melihat adanya permasalahan terkait dengan pengembangan program Green School di SD Kemiri 03,  dua dosen Unidha ini, yakni Dr. Anton Prayitno dan Dr. Ir Djohar Noerianti R.D M.P tawarkan solusi lewat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat dengan judul “PKM SD Negeri 3 Kemiri Menuju Green School”. Dalam pelaksanaannya, kedua dosen ini menggandeng tiga mahasiswa untuk ikut berparisipasi.

Kegiatan pengabdian di SD Kemiri 03 ini berupa penyuluhan sekaligus pelatihan tentang pendidikan lingkungan dimana seluruh kegiatannya didanai oleh direktorat riset dan pengabdian masyarakat (DRPM) Kemenrisetdikti.

Dari konsep Green School  yang mengedepankan proses pembelajaran berwawasan lingkungan ini, diharapkan akan memaksimalkan potensi siswa dalam berpikir kreatif untuk menciptakan lingkungan hijau.

Tujuan lain yang berusaha dicapai oleh seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah memperkuat kegiatan belajar mengajar secara integratif dalam rangka membentuk kecintaan siswa dan pihak sekolah terhadap lingkungan hidup.

Baca Juga :  5 Kampus Bisnis & Manajemen Terbaik di Dunia,

Pelaksaan kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan baik dan lancar. Adapun kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan adalah sosialisasi program PKM, penyuluhan tentang pendidikan lingkungan hidup, instalasi hidroponik dan vertical garden, juga pelatihan penanaman dengan teknik hidroponik dan vertical garden bagi para siswa.

Selepas kegiatan PKM ini selesai dilaksanakan, Anton Prayitno dan Djohar Noerianti menuturkan bahwa bahwa kedepannya akan dilakukan pendampingan berkelanjutan mengenai pemeliharaan tanaman sayuran dan tanaman hias. Bentuk pendampingan ini berupa pemberian modul mengenai cara perawatan tanaman sayuran dan tanaman hias. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *