Beri Kuliah Umum, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Motivasi 7ribu Mahasiswa Baru UI

Infokampus.news – Universitas Indonesia (UI) menggelar KAMABA UI (Kegiatan Awal Mahasiswa Baru UI) yang merupakan kegiatan pembekalan, pengarahan dan bimbingan yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru UI. Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A. membuka KAMABA UI 2016 yang diikuti oleh tidak kurang dari 7.000 mahasiswa baru UI tahun akademik 2016/2017 dari program Sarjana semua kelas (Reguler, Paralel dan Internasional) serta program Vokasi pada Senin (1/8) di Balairung UI kampus Depok.

Sebagai salah satu rangkaian acara pembukaan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo hadir memberikan kuliah umum bertajuk “Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri sebagai Modal Membangun Menuju Indonesia Emas.” Dalam kuliah umumnya di hadapan ribuan mahasiswa, Panglima TNI Gatot memaparkan bahwa potensi konflik di masa yang akan datang adalah terkait perebutan energi hayati. Indonesia sebagai salah satu negara di wilayah ekuator memiliki potensi vegetasi sepanjang tahun dan dilimpahi kekayaan alam yang dapat dijadikan sebagai sumber energi, sumber pangan dan sumber air bersih. Kekayaan yang dimiliki Indonesia tersebut berpotensi menjadi incaran kepentingan nasional negara-negara asing di masa depan.

Maka dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Gatot mengingatkan para mahasiswa baru bahwa permasalahan, tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia di tahun-tahun mendatang akan semakin banyak. Untuk itu, sebagai generasi penerus cita-cita bangsa Indonesia, gunakanlah waktu belajar seoptimal mungkin, bercita-citalah setinggi mungkin dan pahamilah beragam tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa sehingga ketika lulus telah memiliki kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dan mencari solusi atas tantangan dihadapi bangsa.

Kuliah Umum

Lebih lanjut, dalam sambutannya, Prof. Bambang menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru UI yang telah berhasil lulus mengalahkan lebih kurang 170.000 peserta seleksi. KAMABA UI 2016 merupakan fase awal untuk mengantarkan para mahasiswa mengawali kehidupan perkuliahan yang diharapkan dapat menjadi fondasi yang kokoh untuk pembangunan karakternya. KAMABA UI 2016 akan memberikan pengarahan dan bimbingan untuk memahami dan beradaptasi dalam budaya akademis dan sistem belajar pendidikan tinggi guna kemandirian, pola pikir, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan. Prof. Bambang juga berharap para mahasiswa baru mampu lulus tepat waktu dan menjadi insan yang peduli dan berperan aktif menuntaskan permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dan masyarakat global.

Kuliah Umum

KAMABA UI 2016 berlangsung sepanjang bulan Agustus 2016 dengan rangkaian kegiatan seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Etika Akademik ; Latihan Paduan Suara untuk kegiatan wisuda UI ; Orientasi Belajar Mahasiswa ; Upacara Proklamasi Kemerdekaan ; Orientasi Kehidupan Kampus ; Program Cinta Kampus dan Penampilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). (cska)

ADV-728_x_90

cska

Admin Super INFOKAMPUSNEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Simulasi UB Ini untuk Akreditasi!

Simulasi kebakaran yang diadakan fakultas kedokteran Universitas Brawijaya (UB) siang hari ini (1/8) merupakan

Close