Berikut 5 Jurusan Favorit anak IPA, Ada yang Kamu Incar?

INFOKAMPUS.NEWS – Bagi kamu yang saat ini berada di bangku SMA/Sederajat dan mengambil jurusan IPA, dan masih bingung setelah lulus nanti akan mengambil jurusan apa di perguruan tinggi? pilihanmu tepat dengan membaca artikel ini.

Informasi ini berhasil dirangkum dari laman resmi kompas.com, simak ya!

Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari penyakit serta cara-cara penyembuhan. pada dasarnya ada dua hal penting dalam ilmu kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cidera.

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien.

5 Fakultas kedokteran terbaik di Indonesia :

  1. Universitas Airlangga
  2. Universitas Indonesia
  3. Universita Gadjah Mada
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Program studi Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumer.

Jurusan ini juga mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh. Selain itu, jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan memengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita.

Baca Juga :  Berikut 5 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS, Coba Tebak?

5 Prodi teknologi pangan berakreditas A di tahun 2019:

  1. Universitas Sumatera Utara
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Universitas Padjajaran
  4. Universitas Pasundan
  5. Universitas Diponegoro

Ilmu Astronomi mempelajari benda-benda langit. Program studi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit. Dipelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Jurusan ini dibagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi.

Kamu perlu tahu, hanya ada satu perguruan tinggi yang memiliki program studi astronomi di indonesia, yakni Institut Teknologi Bandung. Jurusan Astronomi berada di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB. Dengan begitu, saat mendaftar di ITB, kamu cukup menulis nama fakultasnya saja, ya.

Oh iya, FMIPA ITB menyediakan jurusan Astronomi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Kita juga bisa berbangga karena prodi Astronomi di ITB ini hanya satu-satunya di Asia Tenggara, lho.

Baca Juga :  Informasi Beasiswa Tahfidz Kuliah S1 dari ESQ Business School

Pada jurusan budidaya perairan, kamu akan mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan. Jurusan ini sangat dibutuhkan di Indonesia, karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan.

5 Universitas Terbaik di Indonesia prodi budidaya perairan

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Padjajaran
  3. Universitas Jenderal Soedirman
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Trunojoyo Madura

Jurusan agroekoteknologi ini merupakan gabungan beberapa program studi di Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan.

Agroekoteknologi mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah melalui cara berpikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi. Jadi, kamu akan diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi, untuk membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

5 ptn dengan prodi agroekoteknologi terbaik di Indonesia:

  1. Universitas Brawijaya
  2. Universitas Padjajaran
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. Universitas Andalas
  5. Universitas Gadjah Mada
Baca Juga :  Beasiswa S2 Double Degree MBA di University of Oxford

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *