Berikut Deretan BUMN yang Miliki Bisnis Kampus, Apa Saja?

INFOKAMPUS.NEWS – Tuai Kritikan dari Menteri BUMN Erick Thohir mengenai perusahaan Negara yang merambah sektor pendidikan mendirikan perguruan tinggi. Karena menurutnya BUMN harus fokus pada lini bisnis utamanya masing-masing.

Dilansir melalui kompas.com, berikut Deretan BUMN yang miliki bisnis kampus, apa saja?

BRI INSTITUTE 

Bank Rakyat Indonesia memiliki perguruan tinggi dengan alasan untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul di sektor perbankan. memiliki satu kampus utama yang berlokasi di Jakarya, lulusan kampus ini diharpakan menguasai bidang keuangan mikro, asuransi, syariah, perbankan digital dan kewirausahaan.

BRI Institute menjadi kampus fintech pertama di Indonesia. Transformasi dilakukan seiring perkembangan digital, sehingga dibutuhkan lembaga pendidikan yang sejalan dengan perkembangan teknologi, sosial, dan ekonomi.

Telkom University 

PT Telkom (Persero) Tbk bisa dibilang memiliki perguruan tingggi yang paling komplit dan besar baik dari segi jumlah jurusan maupun mahasiswanya. letak kampus Telkom University ini berada di kota Bandung.

Perguruan tinggi yang masuk jajaran kampus swasta elit ini dibangun sejak era Direktur Utama Telkom Cacuk Sudarijanto tahun 1990. Saat ini Tel-U yang dipimpin rektor Prof. Adiwijaya ini memiliki 800 dosen tenaga pengajar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 28.789.

Baca Juga :  Rektor ITB Tanggapi Kebijakan Kampus Merdeka ala Nadiem Makarim

UISI 

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) ini milik holding BUMN Semen terletak di Gresik Jawa Timur. UISI mengkhususkan kurikulumnya pad ainovasi dan keselamatan kerja. keberadaan Semen Indonesia Group dan afiliasinya memberikan dukungan praktek bisnis di dalam UISI.

Aspek itu diantaranya Tata Kelola Perusahaan yang baik, Pengembangan Teknologi Informasi, Teknologi Semen, Logistik dan Distribusi, UKM Pengembangan Masyarakat dan Ex-Mining Farming Project.

Politeknik Pos Indonesia

Yayaysan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) pada tahun 2001 mendirikan Politeknik Pos Indoneisa. memiliki 5 program studi diantaranya Logistik bisnis, Manajemen bisnis, Teknik Informatika, Manajemen Informatika, dan Akuntansi.

Berlokasi di Bandung, Politeknik Pos Indonesia memiliki 100 dosen yang mengajar untuk sekitar 2.500 mahasiswa. melalui jargon Logistic Expert, kampus ini memfokuskan diri pada ilmu terapan terkait logistik.

Pertamina University

Pertamina University didirikan [ada tahun 2016 memusatkan kegiatannya di kawasan Jakarta Pusat. kampu ini dioperasikan oleh Pertamina Foundation dengan 6 Fakultas serta 15 program studi dengan jumlah staf pengajar dan pendukung sebanyak 255 orang. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *