Berikut Informasi Beasiswa LPDP Tahap II, Kejar S2 dan S3 di Luar Negeri

Infokampus.news – Dalam rangka mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka Program Beasiswa S2 dan S3 di Luar Negeri untuk periode seleksi tahun 2018.

Perlu diketahui Beasiswa LPDP 2018 yang diberikan bersifat FULL Scholarship (Beasiswa Penuh), sehingga seluruh kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya transportasi saat keberangkatan dan pulang akan ditanggu oleh LPDP. Selain itu, tersedia juga biaya lain-lain seperti tunjangan keluarga, tunjangan buku, tunjangan tesis/disertasi, visa, seminar, dan asuransi kesehatan.

Adapun pergutuan tinggi tujuan untuk luar Negeri diambil dari daftar Perguruan Tinggi Luar Negeri berperingkat top 20 dari daftar 2 pemeringkan Internasional, yaitu Quacquarelli Symonds (Qs), Times Higher Education (THE), dan Academic Ranking of World University (ARWU) serta ditambah dengan top 10 program studi.

Apabila baru pertama kali mendaftar beasiswa LPDP, pelamar dapat membuat akun baru terlebih dahulu melalui website resmi pada laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Pendaftaran beasiswa LPDP tahap II untuk kampus tujuan Luar Negeri dibuka pada tanggal 09 Juli 2018, dan batas waktu pendaftarans ecara online dan submit dokumen sampai dengan 21 September 2018.

Baca Juga :  Dosen Kimia Unikama Ini Bikin Cairan Pembasmi Jamur Berbahaya, Lulus Program Doctor dari Unair Cumlaude

Proses seleksi Beasiswa LPDP 2018 Program Reguler Luar Negerimelalui proses empat tahap, yang pertama seleksi administrasi dilakukan dengan memeriksa kelengkapan dokumen dan persyaratan pengumuman lainnya. Pengumuman lulus atau tidaknya seleksi administrasi dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2018 melalui akun pendaftaran online masing-masing pelamar beasiswa.

Kedua, seleksi berbasis komputer, meliputi tes potensi akademik, soft kompetensi dan on the spot writing. Pelaksanaan seleksi berbasis komputer dari tanggal 22 Oktober sampai dengan 12 November 2018 pada 18 kota di Indonesia, dilanjutkan pengumuman hasil seleksi pada 17 November 2018.

Ketiga, seleksi Substansi, meliputi verifikasi dokumen asli pendaftaran, Leaderless Grup Discusiion (LGD), dan wawancara. Pelaksanaan seleksi substansi pada tanggal 26 November sampai dengan 22 Desember 2018 pada 18 kota di Indonesia dan hasil pengumuman akan diumumbkan pada 28 Desember 2018.

Keempat, Penetapan kelulusan bersifat final, mutlak, rahasisa dan tidak dapat diganggu gugat. Hasil penetapan kelulusan seleksi BPI Program Reguler disampaikan kepada calon penerima beasiswa melalui akun pendaftaran daring (Online) masing-masing, email dan atau media elektronik lainnya. Kamu tertarik? Selamat mencoba Sobat FoKus! (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *