Berikut ini 5 Tokoh yang Sukses Jadi Pemimpin di Usia 30 Tahun

INFOKAMPUS.NEWS – Mengemban tanggung jawab meraih kursi kepala Negara atau pemerintahan saat masih berumur 30 tahunan. tidak hanya muda, beberapa pemimpin belia ini bahkan dianggap menjadi politikus paling berpengaruh di dunia.

Sanna Marin resmi menjabat sebagai Perdana Menteri termuda di Finlandia sekaligus di dunia. ia memipin koalisi yang seluruhnya dikepalai wanita. pendidikan terakhirnya magister ilmu administrasi, University of Tampere.

“saya ingin bangun masyarakat dimana setiap anak bisa jadi apa saja dan setiap orang dapat hidup dan tumbuh dengan bermartabat.”

Bersama Partai Sosial Demokrat, karir politik Marin melesat cepat. Dia bekerja di administrasi pemerintahan kota di Tampere pada usia 27 dan menjadi anggota parlemen pada 2015. Marin menjadi Menteri Transportasi dan Komunikasi sejak Juni dan dia memiliki seorang putri berusia 22 bulan.

Sanna dilahirkan di Helsinki pada 16 November 1985. Sanna dipilih oleh Partai Sosial Demokrat untuk mengambil alih kursi perdana menteri. Dengan usianya yang masih tergolong muda, tak pelak banyak yang meragukan kapasitasnya. Namun, dia menepis pertanyaan tentang usianya.

Baca Juga :  Surya Paloh Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya

“Saya tidak pernah memikirkan umur atau jenis kelamin saya. Saya memikirkan alasan saya terjun ke dunia politik dan hal-hal yang membuat kami mendapat kepercayaan dari pemilih,” sebutnya.

Oleksiy Honcharuk, perdana menteri Ukraina berusia 35 tahun. menjadi Perdana Menteri termuda Ukraina dan memiliki reputasi sebagai pekerja keras. pendidikan terakhirnya di Kyiv Mohyla Business School.

Tidak hanya muda dan tampan, ia diketahui belum menikah alias lajang. sepak terjang Honcharuk di dunia politik juga menyimpan banyak fakta menarik. Pria kelahiran 7 Juli 1984 ini tercatat baru mengenal dunia politik saat bergabung dnegan Partai Kekuatan Rakyat dan mencalonkan diri dalam pemilihan parlemen Ukraina pada 2014 lalu.

Sejak saat itu, karier pemerintahan Honcharuk melesat hingga berhasil emnduduki ketu BRDO, sebuah institusi yang ebrtugas mengawal regulasi pemerintahan. kemudian, Honcharuk mulai lebih menonjol setelah ditunjuk sebagai Wakil Kepala Kantor Presiden pada Mei lalu.

Sebelumnya, Honcharuk adalah sosok yang lama berkecimpung di dunia hukum. setidaknya selama 10 tahun, Honcharuk sukses menjalani profesi sebagai pengacara, khsuusnya dalam pengembangan properti serta proyek investasi. PM Ukraina sempat mendirikan sebuah organisai non-pemerintah (LSM) yang bertujuan membantu investor yang menjadi korban penipuan.

Baca Juga :  Wah KIP Kuliah 2022 Bisa untuk Mahasiswa Kampus Swasta, Begini Cara Daftar

Selanjutnya ada Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara berusia 36 tahun. pendidikan terakhir Akademi Militer Kim II-Sung. prestasinya adalah pertumbuhan ekonomi naik 4,6 % pada 2018.

Di sebuah sekolah yang sangat bergengsi di dekat Bern, Swiss, ada seorang siswa dari Korea Utara dari tahun 1998 hingga 2000. Ia terdaftar sebagai anggota kedutaan. Dia tidak menyebutkan nama aslinya. Tetapi orang-orang yang belajar dengannya benar-benar yakin bahwa itu adalah Kim Jong-un sendiri. Mereka ingat bahwa dia adalah orang yang lucu, dan dia lebih tertarik pada olahraga daripada politik. Dan dia bukan murid yang baik.

 

Nayib Bukele, Presiden El Savador berusia 38 tahun. seorang pebisnis keturunan Palestina memiliki tugas membalikkan kemiskinan yang meluas dan kekerasan geng yang merajalela, yang mengirim ribuan orang melarikan diri ke Amerika Serikat.

“saya akan menjadi presiden semua orang Salvador. Negara kita seprti anak yang sakit, kita semua harus menjaganya.” ucapnya.

Bukele merupakan presiden milenial, terutama bukan hanya karena ia merasa nyaman di media sosial, tetapi juga karena ia sering mengadopsi penampilan biasa, melepas dasi dan kerap mengkuncir rambutnya.

Baca Juga :  AIABI Gelar Kongres dan Seminar Nasional di FIA Universitas Brawijaya, Salah Satu Agenda Pilih Ketum Baru!

Pendidikan terakhir yang ia tempuh di Central American University, prestasi yang pernah ia raih yakni mengelola bisnis pertamnya pada usia 18 tahun.

Jacinda Ardern berusia 39 tahun yang saat ini menjabat sebagai perdana menteri Selandia Baru. pendidikan terakhirnya Sarjana ilmu komunikasi di University of Waikato. prestasinya membuka 92.000 lapangan kerja baru.

Lahir dari dua bersaudara di Hamilton, Selandia Baru. ayahnya, Ross Ardern bekerja sebagai polisi dan ibunya Laurell Ardern bekerja sebagai pekerja di kantin sekolah.

Saat masih kuliah, Ardern dikenal telah aktif di dunia politik. ia bergabung dengan partai buruh selandia baru di usia 17 tahun. Setelah meraih gelar sarjana, Ardern bekerja sebagai peneliti kebijakan politik untuk anggota parlemen lain dari partainya. Dalam pidato-pidatonya ia dikenal sebaga pendukung dari kebijakan penggunaan bahasa Maori di sekolah-sekolah Selandia Baru. (Edt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.