Berikut Ini Cara Atasi Menganggur Setelah Lulus Kuliah

Infokampus.news – Secara umum harapan setelah lulus kuliah seorang mahasiswa kebanyakan memang terbayangkan mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan. Namun terkadang bayangan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Oleh karena itu rencana kedepan setelah lulus kuliah sangat penting adanya, kali ini infokampus akan berikan tips cara atasi menganggur setelah lulus kuliah.

  1. Bangun Jaringan dan Relasi sebanyak mungkin ketika berstatus mahasiswa.

 

Kamu perlu membangun dan memperkuat jaringan keprofesionalitasan. Hal seperti ini berkaitan dnegan proses emmbangun lobi-lobi dan koneksi yang nantinya akan berguna saat mahasiswa sudah lulus dan melebarkan sayapnya di dunia profesional. Bila tertarik, maka mahasiswa juga bisa mengikuti program-program tertentu setelah lulus kuliah langsung direkrut kerja perusahaan-perusahaan tertentu.

Selain itu jika kamu mengarah memasuki dunia entrepreneurship, bisnis usaha, start up dll, maka membangun dan memperluas jaringan dan koneksi merupakan suatu kewajiban. Berbagai macam ide bisnis akan bermunculan dan juga ide-ide kreatif inspiratif akan berseliweran dengan luasnya jaringan. Selain itu, langkah-langkah dan berbagai macam strategi bisnis akan lebih optimal dijalkankan apabila memiliki jaringan yang luas.

 

  1. Jadilah Entrepreneur saat duduk di bangku kuliah.

 

Beberapa pengusaha sukses tingkat dunia telah memulai dan merintis usaha bisnis mereka sejak masih menjadi mahasiswa. Sebut saja misalnya Bill Gates pendiri Microsoft dan Mark Zuckerberg pendiri Facebook, mereka merintis perusahaan tersbeut sejak masih berstatus mahasiswa di Harvard University, meskipun akhirnya mereka tidak menyelesaikan kuliah mereka (Drop Out).

Ada juga yang masih berstatus mahasiswa sudah mengembangkan dan merintis suatu produk dan akhirnya sukses berkembang dengan tanpa meninggalkan bangku kuliah. Sebut saja Sergey Brin dan Larry Page yang merupakan dua orang pendiri google masing-masing memegang gelar sarjana dan magister. Hal ini merupakan contoh jalur kesuksesan yang akademik dapat dan bisnis juga dapat.

 

  1. Mengembangkan Hobi Secara Lebih Serius.

Hobi kamu akan memberi ajminan seseornag tidak akan menganggur setelah lulus kuliah. Bahkan setelah lulus kuliah ini seseorang lulusan perguruan tinggi bisa lebih menseriusi atau mengembangkan hobi yang dimiliki.

Lebih jauh lagi hobi-hobi tersebut bisa diarahkan menjadi kegiatan yang menghasilkan pemasukan keuangan. Oleh karena itu jangan pernah kehabisan daftar apa yang bisa atau akan dilakukan dan menganggur saat lulus dari bangku perkuliahan. Karena hobi bisa menjadikan lulusan perguran tinggi terlepaskan dari menganggur setelah lulus kuliah.  (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Konseling Psikologi
Kenali Lima Tanda Mahasiswa Butuh Konseling Psikologi

Infokampus.news – Kehidupan mahasiswa di kampus terkadang tidak selancar apa yang kita kira. Berbagai permasalahan kadang datang silih berganti. Dari

Close