Berikut Panduan Portofolio Seni dan Olahraga untuk SNMPTN 2020

INFOKAMPUS.NEWS Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) masih berlangsung hingga 27 Februari 2020 mendatang. Seperti diketahui, hanya peserta yang masuk dalam pemeringkatanlah yang diperbolehkan mendaftar SNMPTN tahun ini.

Dilansir melalui kompas.com, terdapat 10 kelompok portofolio untuk bidang seni dan olahraga dengan rincian sebagai berikut:

Portofolio seni rupa, desain dan kriya

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi seni rupa, seni murni, pendidikan seni rupa, kriya, kriya seni, pendidikan kriya, desain interior, desain komunikasi visual, atau desain produk/desain produk industri.

Portofolio Tari 

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi tari atau pendidikan tari, atau yang memilih program studi seni pertunjukan (opsi tari).

Portofolio Musik 

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi musik atau pendidikan musik, atau yang memilih program studi seni pertunjukkan (opsi musik)

Portofolio etnomusikologi 

Diperuntukkan bagi eserta yang memilih prodi Etnomusikologi

Portofolio Teater

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi Teater atau seni pertunjukan (opsi Teater).

Portofolio Fotografi 

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi fotografi

Baca Juga :  Komunikasi FISIP UB Ajak Bumikan Nilai Pancasila Lewat Kuliah Umum

Portofolio Film dan Televisi 

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi Film dan Televisi

Portofolio Seni Pedalangan 

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi seni pedalangan

Portofolio Olahraga 

Diperuntukkan bagi peserta yang memilih prodi ilmu keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar atau Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

 

Dalam aturan yang ada, disebutkan bahwa peserta hanya wahib mengunggah satu jenis portofolio sesuai ketentuan prodi atau jurusan di PTN pilihan.  Jika peserta memilih dua opsi program studi atau jurusan yang berbeda, maka peserta wajib mengunggah satu jenis portofolio untuk setiap pilihan prodi atau jurusan dengan ketentuan kelompok portofolio yang tercantum.

Peserta wajib menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SNMPTN dan SBMPTN 2020. apabila tidak menggunakan template, dokumen portofolio yang bersangktan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *