Berikut Perbedaan 5 Jenis Perguruan Tinggi yang Ada di Indonesia

INFOKAMPUS.NEWS – Karena manusia suka mengelompokkan apapun di sekitarnya, tanamkan dulu di kepala kamu bahwa pendidikan tinggi ada dua macam. pertama, pendidikan akademik yang cenderung teoritis dan filosofis. kedua, pendidikan vokasi yang cenderung menekankan keahlian praktis.

Jika sudah paham, kamu akan mudah membedakan lima jenis perguruan tinggi. apa saja?

Universitas 

Universitas adalah perguruan tinggi sapu jagat. semua tersedia di sini. segala rumpun ilmu (alam, humaniora, kesehatan dan lain-lain). seluruh jenjang kuliah (diploma, sarjana, sampai pascasarjana) dan setiap jenis pendidikan (akademik dan vokasi). Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada menyediakan banyak sekali fakultas, jurusan dan peminatan yang tersedia di jenjang D3 sampai S3, baik rumpun ilmu alam, humaniora (sosial-budaya) dan kedokteran atau bahkan terapan.

Institut

Institut juga bisa menyelenggarakan perguruan tinggid air jenjang D3 hingaa S3, yang membuatnya lain dengan universitas adalah lingkup ilmu yang fokus pada satu rumpun, tetapi terdiri dari aneka jurusan. kita kenal institut kesenian jakarta atau institut teknologi bandung. dari namanya saja, kita bisa menduga jika dua kampus itu fokus pada satu rumpun ilmu besar seni dan teknologi.

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

Sekolah Tinggi 

Makin mengerucut, kalau universitas menyediakan segala rumpun ilmu, lalu institut hanya fokus di satu rumpun ilmu beraneka jurusan, maka sekolah tinggi hanya fokus menyediakan satu fakultas yang terbagi ke dalam berbagai program studi. di Jakarta, ada sekolah tinggi ilmu komunikasi LSPR, kemudian ada sekolah tinggi ilmu kepolisian (STIK) dan satu lagi yang tidak kalah tenar dan banyak dari kamu idam-idamkan sekolah tinggi akutansi negara (STAN).

Politeknik

Sama dengan institut dari segi rumpun ilmu yang dikuliti. Bedanya politeknik fokus di pendidikan vokasional mahasiswanya dilatih untuk menguasai keahlian yang siap dipraktikan langsung. jadi, kamu akan mendapatkan gelar diploma. contohnya Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Bandung.

Akademi 

Sama dengan sekolah tinggi, pembedanya hanya jenjang pendidikannya. di akademi, kamu bakal digodok agar siap kerja di jurusan yang sudah spesifik sejak kamu masuk di hari pertama. Akademi kepolisian, Akademi militer, Akademi Imigrasi, atau Akademi kebidanan.  (Edt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.