Berikut Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

INFOKAMPUS.NEWS – Dunia pekerjaan sangat berbeda dengan di sekolahan. Adapatasi dan mempelajari ilmu baru untuk bisa sukses, jangan buang tenaga kamu untuk hal tidak ada manfaatnya, fokus dengan apa yang sudah menjadi tanggung jawabmu.

Berikut tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah, dilansir melalui liputan6.com:

Aktif Berorganisasi di dalam maupun di luar kampus

salah satu kunci mencapai sebuah kesuksesan yakni aktif berogranisasi secara tidak langsung akan mengasah kemampuan kamu, baik dalam hal manajemen waktu, kepemimpinan, kemampuan berbicara, maupun relasi. Seseorang yang aktif berorganisasi akan terlihat berbeda jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah ikut organisasi di kampus.

Menjalin Relasi Sebanyak Mungkin 

Masa perkuliahan merupakan waktu yang tepat untuk menjalin relasi. pada masa ini, kamu dapat bertemu dengan banyak orang, terutama jika aktif mengikuti organisasi di kampus.

Manfaatkan relasi, informasi seputar lowongan kerja yang didapatkan juga semakin banyak. sehingga kamu dapat menjatuhkan surat lamaran pada banyak tempat demi memperbesar peluang untuk bekerja.

Baca Juga :  Daftar 40 Universitas Negeri dan Swasta Terbaik Versi UniRank

Menyusun CV Kreatif! 

Portofolio yang dilampirkan akan memberimu nilai lebih di mata perusahaan, sehingga lamaran kamu dapat dipertimbangkan oleh bagian personalia (HRD). protofolio yang dimaksud bisa berupa portofolio akademis dan non akademis.

Lembar akademis yang dimaksud adalah nilai akademik dan sertifikat lomba, sedangkan sertifikat seminar, seperti seminar kewiraushaan nasional serta lainnya merupakan lembar non akademis.

Perhatikan CV yang kamu tuliskan, sudah menarik atau belum? alangkah baiknya kamu tuliskan CV secara jujur yang mencerminkan kepribadian kamu yang sebenarnya.

Buatlah CV yang menarik dan menyajikan informasi yang detail, baik informasi mengenai data diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan dan keterampilan. CV inilah yang dapat kamu jadikan sebagai modal awal untuk memasuki tahap berikutnya dalam proses rekrutmen kerja.

Bersungguh-sungguh Selama Magang di Perusahaan 

Jangan hanya terpaku pada teori yang diberikan dosen di kampus. Karena pada dasarnya teori tanpa disertai praktik sama halnya seperti masak sayur tanpa garam. Tidak komplet.

Sembari menunggu kelulusan, kamu bisa memanfaatkan waktu luang di semester akhir untuk magang di sebuah perusahaan. Tunjukkan performa semaksimal mungkin dan bersungguh-sungguh agar perusahaan dapat melihat kualitas kerja kamu.

Baca Juga :  Perbedaan Bekerja di Startup dan Corporate, Kamu Pilih Mana?

Magang di perusahaan akan membantumu untuk beradaptasi di dunia kerja nanti. Sehingga kamu tidak terkejut melihat situasi dan kondisi di tempat kerja. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *