Berkat Buah Naga, 5 Mahasiswa UB Raih Prestasi Internasional

Infokampus.news – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa – mahasiswa kebanggan Raja Brawijaya. mereka adalah Lim Fahimatul Amalia, Mih Mimdiah, Afinda sofiana, Dhewangga Arie Syaputra dan Renaldy.

Kelima mahasiswa tersebut baru saja meraih prestasi Internasional membawa Medali emas dalam kompetisi Bujang Valley Innovation Invention and Design Competition (BVIIEC) di Malaysia pada bulan lalu.

Hasil Karya yang di Ciptakan Mahasiswa Universitas Brawijaya ini adalah membuat teh sehat dan ramah lingkungan. teh itu mereka beri nama Pitayass Tea. berbahan dasar dari kulit buah naga dan daun mint yang dikemas secara premium menggunakan anyaman janur berbentuk ketupat kecil.

Pitayass Tea bertujuan memanfaatkan olahan buah naga dan mengurangi limbah kulit buah naga yang kaya antioksidan tinggi.

“Antioksidan diperlukan untuk menangkal radikal bebas yang muncul dari polusi udara. radikal bebas merupakan pemicu penyakit berat seperti kanker dan tumor. jadi, teh herbal ini bermanfaat sebagai antitumor dan anti kanker,” kata salah satu anggota tim, Lim Fahimatul, Senin 1 Juli 2019.

Baca Juga :  UMM Gelar Shalat Ghaib untuk B.J. Habibie

Latar belakang membuat Pitayass Tea karena mahasiswa ini melihat potensi buah naga yang begitu besar di Indonesia, khususnya Banyuwangi, Jawa Timur yang terkenal sebagai sentra buah naga.

Namun,  di daerah itu tidak diimbangi dengan pemanfaatannya, limbah buah naga. padahal kulit buah naga yang terbuang itu, mengandung antioksidan yang tinggi, diantaranya vitamin C, saponin, flavonovid, dan tajin.

Dengan kandungan antioksidan yang begitu banyak, kelima mahasiswa ini berpikir menciptakan teh pitayass. cara pembuatan teh pitayass harus melalui proses pengeringan yang dilakukan dalam suhu 38 derajat celcius selama delapan jam.

“Karena dengan suhu dan waktu tersebut hasil pitayass tea optimal dan kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya tetap terjaga” Ujarnya. (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *