Berkat “Bye Bye Oksidan, Bye Bye Kanker!”, Mahasiswa FK Unpad Raih Prestasi di Atma Cordis Ilmiah 2019

Infokampus.news – Tim Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran berhasil meraih empat gelar juara pada acara Atma Cordis Ilmiah “Aesculapius: Atma Jaya Scholar Competition And Annual Congress 2019” yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, 20-23 Maret lalu.

Prestasi yang diraih FK Unpad yaitu Juara I Poster Kesehatan Masyarakat, Juara II Video Edukasi Publik, serta Juara I dan II Poster Ilmiah.

Mengangkat judul “Bye Bye Oksidan, Bye Bye Kanker!”, tim FK Unpad yang terdiri dari Ryzkianty Annis Nurdin dan Rafa Fathia Suhud menjadi juara I Poster Kesehatan Masyarakat. Menurut Rafa, materi tersebut mereka angkat untuk mengedukasi generasi milenial mengenai bahaya oksidan sebagai pemicu kanker.

“Karena tema acaranya sendiri tentang kanker dan setelah kita melakukan penelusuran lebih lanjut yang mengacu kepada WHO, kita memutuskan untuk mengambil langkah preventif. Sasaran edukasi kita sendiri lebih kepada generasi milenial yang sifatnya berbeda dari generasi sebelumnya. Generasi ini cenderung harus mengetahui penyebabnya baru percaya akan hal tersebut,” ungkap Rafa.

Untuk itu, Rafa dan tim ingin mengajak generasi muda untuk menjalani gaya hidup sehat untuk terhindar dari kanker. Gaya hidup sehat yang mereka anjurkan seperti mengonsumsi banyak sayur dan buah, menghindari rokok dan polusi, serta berolahraga secara teratur.

Dengan meraih prestasi tersebut, Rafa dan tim berharap dapat memotivasi  mahasiswa Unpad lainnya untuk percaya diri dalam berkompetisi di acara-acara ilmiah. “Selain berprestasi kita juga dapat menambah teman dan wawasan baru,” imbuh Rafa.

Selain poster kesehatan masyarakat, video edukasi berjudul “Bye Bye Oksidan, Bye Bye Kanker!” juga berhasil Juara II Video Edukasi Publik dengan anggota tim Rafa Fathia Suhud, Fadli Zaky Arsydinilhuda, dan Ryzkianty Annis Nurdin.

Mahasiswa FK Unpad lain yang juga meraih prestasi yaitu Putri Nadhira Adinda Adriansyah dengan meraih Juara I Poster Ilmiah. Dalam kompetisi tersebut, Putri mengangkat judul “Potensi Terapi Gen Berbasis MicroRNA dengan Triple-Helix Hydrogel Scaffold Spesifik sebagai Inovasi Terapi Gen dalam Upaya Menekan Angka Kematian Kanker Serviks Global”.

Selain itu, Fiyandi Afianda dan Mutiara Rahmah Amari meraih Juara II Poster Ilmiah dengan judul “Rekayasa Salmonella Thyphimurium dengan peptide RGD Spesifik ɑVβ3 Sebagai Terapi Mutakhir Kanker Payudara”. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Universitas Padjadjaran didirikan tanggal 11 September 1957. Unpad menerima mahasiswa baru baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Mandiri. Pada artikel ini, infokampus.news akan menginformasikan jumlah passing grade Unpad 2019 untuk jalur SNMPTN. Unpad adalah perguruan tinggi negeri yang favorit dan diminati oleh banyak calon mahasiswa di Indonesia. Selain itu, terbukti dengan akreditasi UNPAD secara institusi…
  • Infokampus.news - Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri yang disebut Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Tahun ini Unpad memberlakukan aturan baru. Dalam aturan baru SMUP ini dijelaskan bahwa meskipun seleksi menggunakan hasil Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK), calon mahasiswa baru harus mengikuti seleksi tambahan sesuai kebijakan masing-masing program studi. Tahun sebelumnya, SMUP diberlakukan untuk semua program studi D4 atau S1 terapan, S2, S3, spesialis dan…
  • Infokampus.news – Mahasiswa Baru Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung tahun akademik 2018/2019 yakni Rein Vidya Banafsha merupakan mahasiswa termuda diantara rekan seangkatannya. Perempuan asal Tasikmalaya diterima di Fakultas Kedokteran Unpad berusia 15 tahun 20 bulan 5 hari. Rein mengungkapkan, sejak duduk di bangku SMP, dia sudah mengikuti kelas percepatan atau biasa dikenal dengan kelas akselerasi. Dia menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dan masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya dalam wkatu 2…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
jalur snmptn 2019
Selamat! ITB Terima 1622 Calon Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN 2019

Infokampus.news - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima 1622 calon mahasiswa baru S1 melalui jalur SNMPTN 2019 dari total 11878 peserta yang

Close