Berkat Konsep One House One Pond, UMM Jalin Kerjasama dengan Palestina

Infokampus.news – Warga Palestina yang berasal dari Department of Aquaculture, Palestinian Ministry of Agriculture Jum’at lalu (15/2)  mengunjungi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). kunjungan kali ini dalam rangka menindaklanjuti kerja sama Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UMM.

Warga Palestina sangat antusias belajar budidaya, khususnya perairan ke UMM karena pengelolaannya masuk standar Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) dan telah tersertifikasi. Selain ke tempat pembudidayaan ikan, mereka juga diajak melihat produksi jamur, hasil pertanian dan juga pembuatan roti yang terpusat di satu lokasi.

Salah satu hasil riset terkini  yang diperkenalkan dan menjadi solusi bagi masyarakat urban di Palestina. Antara lain konsep one house one pond (satu rumah satu kolam) yang digagas dosen Prodi Perikanan, FPP UMM, Riza Rahman Hakim.

Di konsep tersebut, Riza memiliki strategi memanfaatkan lahan sempit di perkotaan atau urban untuk berternak ikan dengan hasil maksimal dan efisien. Ia juga menggabungkan antara budidaya ikan lele di kolam terpal dengan budidaya sayuran melalui sistem aquaponik.

Menurut Riza, terdapat dua sistem yang dikembangkannya, yakni untuk budidaya lele biona berbasis bio-natural serta jenis bionik. Lele bionik merupakan kombinasi antara bio-natural dan aquaponik. Dengan konsep ini, penggantian air hanya 30 persen dan seminggu sekali saja.

Secara umum, ia melanjutkan, one house one pond menjadikan kotoran lele sebagai pupuk tanaman di atas kolam yang terus berulang. Selain hemat dalam memberi makan lele, konsep ini juga meminimalisasi pemakaian air. “Dalam konsep ini, penggunaan air sangat sedikit. Sementara pada budidaya lele tradisional, sekitar 50 persen air diganti dan dilakukan hampir setiap hari. Airnya juga berbau tak nyaman,” ujarnya.

Di kesempatan berbeda, Rektor UMM, Fauzan, menilai, penguatan riset berbasis kepakaran ini menjadi ciri khas UMM untuk mengembangkan mutu akademik agar bisa bersaing di level internasional. Hal itu selaras dengan ikhtiar UMM yang terus berupaya melakukan pemetaan kepakaran para dosen agar memiliki keahlian yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Aplikasi berbasis Android garapan sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini dinobatkan sebagai juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (STIKI) Malang, 21 Januari lalu. Ketiga mahasiswa tersebut yakni Chano Paramita mahasiswa Ilmu Komunikasi, Siti Mubasiroh mahasiswa Pendidikan Biologi, Muhammad Fitrah Asyari Bangun mahasiswa Manajemen. Masing-masing angkatan 2017. Berangkat dari permasalahan di Indonesia, Komisi Perlindungan Anak (KPAI) mencatat pada tahun 2011-2016 sebanyak…
  • Infokampus.news - Menyambut datangnya hari Valentine hari ini (14/2) tim infokampus akan memberikan informasi kepada Sobat FoKus terkait mahasiswa yang sukss bisnis cemilan yang berbahan dasar cokelat. Di era milenial saat ini, semua pengusaha dituntut untuk kreatif dan tidak gagap terhadap teknologi. Nah, kali ini mahasiswa di Malang berhasil mmebuat camilan sehat dari kurma yang dikemas dengan isi coklat. Sering kita lihat, kurma sangat diminati oleh kalangan orang tua, padahal…
  • infokampus.news - Kawasan Kalilanang, Bumiaji, Kota Batu memang dikenal sebagai kawasan zona merah. Pasalnya, kawasan ini kerap kali dijadikan markas penyalahgunaan narkoba hingga praktik prostitusi. Agar tak semakin menambah keresahan banyak pihak, sekelompok mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) perlahan mengangkat citra baik kawasan Kalilanang. Salah satunya melalui sosialisasi terkait penyalahgunaan narkoba, Sabtu (5/1). Aksi yang digawangi Kelompok Praktikum Public Relations Prim PR Prodi Ilmu Komunikasi UMM…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
PT Virama Karya
Dibutuhkan Tenaga Akuntansi PT Virama Karya

Infokampus.news - PT Virama Karya ( Persero ) melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Februari tahun

Close