Berprestasi Tapi Kurang Mampu? Coba Beasiswa Afirmasi!

Infokampus.news – Kamu mahasiswa berprestasi, ingin studi lanjut namun terhalang biaya? Jangan khawatir sebab Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kini memberikan peluang untuk kalian putra putri bangsa yang mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi tingkat nasional atau internasional namun berasal dari keluarga kurang mampu lewat beasiswa afirmasi.

Beasiswa afirmasi ini diperuntukkan untuk kamu yang tinggal di daerah perbatasan dan tertinggal dan berprestasi. LPDP memberikan kesempatan untuk kalian menempuh studi magister ataupun doktoral dalam berbagai bidang keilmuan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Apa sih bedanya Beasiwa Afirmasi dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP?

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) diberikan secara umum untuk semua golongan masyarakat, tujuannya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan kepada pihak yang membutuhkan. Sedangkan beasiswa afirmasi dikhususkan untuk masyarakat marjinal dan membutuhkan pendidikan tinggi.

Ada 3 syarat kamu dikategorikan berhak menerima beasiswa ini. Pertama, tinggal di wilayah 3T, yakni terdepan, tertinggal, dan terluar. Kedua, berprestasi namun miskin secara ekonomi, seperti alumni beasiswa bidikmisi, memiliki piagam penghargaan dan banyak prestasi, serta memiliki IPK minimal 3,5. Sedangkan kategori ketiga adalah kamu yang memiliki prestasi nasional maupun internasional.

Beasiswa Afirmasi Persyaratannya Rumit-rumit Mudah

Pendafaran beasiswa afirmasi sama dengan BPI lewat formulir daring di laman web beasiswa LPDP, namun membutuhkan sejumlah dokumen tambahan. Seperti surat keterangan tidak mampu, surat keterangan penghasilan, surat keterangan domisili di daerah tertentu, dan lain-lain. Namun ada kemudahan dalam syarat skor TOEFL, bila BPI mensyaratkan TOEFL 500 untuk beasiswa dalam negeri dan 550 untuk luar negeri, beasiswa afirmasi mensyaratkan skor relatif rendah yakni 400 untuk dalam negeri dan 450 untuk luar negeri.

Baca Juga :

“Kalau beasiswa afirmasi tidak mengharuskan skor TOEFL diatas 500, tapi setelah diterima beasiswa ini penerima harus mengikuti pengayaan bahasa (gratis) untuk bisa mencapai skor minimal 500,” jelas Wiwik Rahmawati penerima beasiswa LPDP kepada Infokampus.

Jadi, jangan menyerah bila ingin melanjutkan studi karena alasan biaya. Lewat beasiswa kamu bisa loh melanjutkan cita-cita kamu. Tapi yang namanya beasiswa kamu perlu berjuang semaksimal mungkin karena banyak pesaing di luar sana yang juga mengejar mimpinya. Selamat berjuang!

Penulis : Galuh Pandu

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPK Dorong Kampus Galakkan Anti Tindak Korupsi

Infokampus.news - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif mengungkapkan, tindak korupsi di Indonesia bukanlah hal yang baru. Bahkan, tak jarang

Close