Bersaing di MEA, Anak Muda Indonesia Harus Inisiatif!

Infokampus.news, Malang – Kemandirian masyarakat Indonesia belum setara dengan negara ASEAN lain. Founder Brandpartner Indonesia Anthony Soehartono berpendapat, masyarakat Indonesia harus lebih didorong kembali dalam segi inisiatif yang tinggi dalam menciptakan suatu standar. Menurutnya Indonesia masih mengikuti standar dari negara lain, padahal bila Indonesia ingin bersaing, negara ini harus menciptakan standar sendiri agar tidak menjadi negara pengikut.

“Saat ini ibaratnya kita masih suka di kasih ikan, sedangkan negara lain mereka memancing sendiri ikan tersebut tidak diberikan orang lain. Nah perumpamaan itulah yang masih menjadi mental masyarakat Indonesia saat ini,” papar Anthony saat mengisi materi di Brawijaya ASEAN Youth Conference (BAY), Kamis, 3 November 2016.

Antusiasme Kaum Muda Indonesia Rendah

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia khususnya kaum muda harus mulai inisiatif bergerak untuk bersaing dengan negara lain. Sebab, mayoritas kaum muda di negara ASEAN lainnya bukan hanya tertarik bahkan sudah mempelajari dan mempersiapkan matang-matang era Masyarakat Ekonomi Asean.

“Tujuh puluh lima persen kaum muda di negara ASEAN lainnya sudah mengetahui mereka merupakan bagian dari ASEAN, lebih dari 95 persen mengaku tertarik dan sudah mulai membuat koneksi dengan masyarakat negara lain. Sedangkan dalam realitanya, kaum muda Indonesia saja saya yakin masih banyak yang belum mengerti masyarakat ekonomi ASEAN,” imbuhnya.

Thailand Merajai Seni Budaya, Indonesia?

Founder dan Executive Director Asean Literary Festival Abdul Khalik menimpali, kaum muda harus terus di sadarkan agar kaum muda kedepan dapat meng-Indonesiakan ASEAN. Dia mengambil contoh Thailand yang sudah mulai bergerak melalui segi seni budaya maupun film yang mulai merajai di kawasan ASEAN ini.

Baca Juga :

“Kita jangan sampai mau kalah dengan Thailand yang dari mulai seni budaya serta film sudah merajai ASEAN, bahkan di bidang Pariwisata saja Malaysia sudah jauh meninggalkan kita,” paparnya.

Ia berharap dengan pemahaman MEA yang baik pada kaum muda Indonesia diharapkan bisa mendorong beragam potensi yang ada di Indonesia agar bisa menjadi negara dominan di ASEAN, khususnya dalam bidang seni dan budaya.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu

Foto : Ucha – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ICLS and Colloqiuim: Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia, Belajar dari Negeri Sakura

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar International Conference on Lesson Study (ICLS) and Colloquium Studi di Teater Dome UMM, Kamis, 3...

Close