Bersiap Sambut Rektor Baru, Universitas Negeri Malang Mulai Lakukan Penjaringan Terbuka

Infokampus.news, MalangUniversitas Negeri Malang mulai melakukan penjaringan bakal calon rektor baru periode 2018-2022 hari ini Senin, 23 Juli 2018. Penjaringan rektor ini rencananya akan resmi diakhiri pada Jum’at 27 Juli 2018 mendatang.
Meskipun penjaringan bakal calon rektor baru terbilang sangat singkat yakni hanya 5 hari, ketua Pemilihan Rektor, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal mengungkapkan ada kelonggaran dalam pelaksanaan penjaringan ini.
“Ya nanti berkas-berkas bisa lewat e-mail sementara, tapi nanti kan mereka harus ke sini waktu penyampaian visi misi.” Ungkapnya saat melakukan konferensi pers pagi ini (23/7).
Tahun ini sendiri UM baru pertama kali melakukan penjaringan rektor secara terbuka yang artinya para dosen di luar kampus diperbolehkan mendaftar sebagai bakal calon rektor UM 2018-2022. Ibrahim mengungkapkan pihaknya telah mengirim pengumuman Pemilihan Rektor ini ke total sebanyak 201 PTN se-Indonesia termasuk dengan 12 Kopertis.
“Penjaringan minimal ada 4 bakal calon rektor, tapi kami berharap bisa lebih. Kami berharap bisa mendapatkan rektor dengan kualitas terbaik,” terangnya.
Total ada 4 tahap yang akan dilakukan dalam pemilihan rektor ini. Yakni yang pertama adalah penjaringan bakal calon rektor yang sedikitnya harus diikuti oleh 4 bakal calon. Tahap kedua penyaringan, pada tahap ini panitia akan melakukan verifikasi data dan juga menyaring 3 kandidat terbaik untuk diajukan pada kemenristekdikti.
Tahap selanjutnya adalah proses pemilihan suara yang dilakukan oleh senat dan kementrian. “Kementrian punya porsi 35% sisanya 65% suara dari senat, total jumlah senat sendiri saat ini 160 orang.” Tukas ketua senat UM Prof. Dr Suko Wiyono S.H., M.Hum pada wartawan.
Tahap terakhir dari pemilihan rektor ini yakni pengangkatan dan pelantikan oleh Menristekdikti. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
tiga srikandi unair
3 Srikandi Unair Sulap Limbah B3 ‘Iron Slag’ jadi Batu Bata Ramah Lingkungan

Infokampus.news – Hasil penelitian 3 Srikandi Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga Surabaya berhasil sulap limbah

Close