Seleksi Mandiri Unpad 2019: Daftar Dulu, Tak Usah Khawatirkan Biaya

Infokampus.news – Kabar gembira bagi calon mahasiswa berasal dari keluarga tidak mampu yang ingin mencoba Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran (Unpad). Calon mahasiswa yang terbukti berasal dari kalangan masyarakat ekonomi kurang mampu yang lolos Seleksi Mandiri Unpad 2019 tidak diwajibkan membayar Dana Pengembangan Pendidikan (DPP).

Pembantu Rektor II (PR II) Unpad Prof. Dr. Hj. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. mengatakan, Seleksi Mandiri Unpad 2019 tetap mengutamakan kemampuan akademis, bukan sekadar kemampuan finansial.

“Saya pastikan, tidak ada (seleksi) karena mampu. Seleksi akademik dikedepankan. Jalur mandiri bagi yang tidak mampu atau UKT I, maka uang pangkal bisa gugur,” kata Rina Indiastuti yang juga merupakan Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini.

Ia memaparkan, dalam sistem pendaftaran nanti, tidak boleh ada pertanyaan yang meminta kesediaan calon mahasiswa membayarkan sejumlah uang. Hanya mahasiswa yang terbukti mampu yang wajib membayar DPP.

Kendati belum secara resmi diumumkan, diketahui bahwa DPP dari mahasiswa yang diterima lewat seleksi mandiri paling rendah yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebesar Rp 15 juta dan tertinggi Fakultas Kedokteran (FK) sebesar Rp 250 juta.

Baca Juga :  Pendaftar SBMPTN 2019 Tembus Angka 645 Ribu di H-1 Penutupan

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad, Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt., mengatakan angka maksimal Rp 250 juta hanya untuk Fakultas Kedokteran, itu pun jumlahnya tak lebih dari 20 persen mahasiswa yang diterima. “Yang lain tidak segitu, ada yang tidak bayar, bahkan ada yang dibayari Unpad,” kata Keri.

Unpad juga menyediakan asrama mahasiswa. Keringanan yang diberikan Unpad antara lain mahasiswa Bidikmisi tidak diwajibkan membayar biaya asrama. Namun, jelas Keri, apabila orangtua mahasiswa punya kemampuan membayar, maka mereka harus membayar supaya bisa ada subsidi silang dengan yang tidak mampu.

Dengan penetapan DPP ini, ungkap Rina, Unpad dituntut memberikan pelayanan lebih. Seperti contoh, merintis join degree atau double degree. Dalam pelayanan pendidikan nantinya, semua mahasiswa mendapatkan hak pendidikan yang sama, tak ada perbedaan mahasiswa dari tiga jalur masuk Unpad itu.

Untuk menitikberatkan kemampuan akademik, Seleksi Mandiri Unpad 2019 tidak hanya menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), melainkan ditambah dengan kriteria-kriteria lain yang ditentukan sesuai jurusan masing-masing. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *