Bikin Gebrakan Baru untuk Perfilman Indonesia, Nadiem Makarim Kerjasama dengan Netflix

INFOKAMPUS.NEWS – Lagi-lagi Nadiem Makarim membuat publik terkejut. Kali ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak kerjasama Netflix untuk mengembangkan dunia perfilaman Indoensia agar bisa berkibar di panggung dunia.

bentuk kerjasama yang akan mereka lakukan secara keseluruhan untuk mengembangkan dunia perfilman Indonesia ke panggung dunia. salah satunya dnegan membantu mendistirbusikan film Indoensia.

Nadiem Maakrim mengatakan “Netflix butuh konten, kita yang akan kasih. sekarang film karya anak bangsa sudah keren. sudah waktunya perfilman Indonesia naik panggung untuk dilihat dunia.  Netflix sebuah platforms yang amat diperlukan untuk mengenalkan kebudayaan dan industri perfilman RI ke Kancah Internasional. harapan kedepannya Indoensia bisa menjadi tempat syuring paling laku di dunia” tukasnya.

Kerjasama lainnya juga akan berfokus pada pengembangan kreativitas sumber daya manusia di industri tanah air. Netflix berkomitmen memberikan dukungan dengan mengucurkan dana kurang lebih sekitar 14 Milyar.

Nadiem berharap  ini kerjasama dengan Netflix ini bisa meningkatkan kemampuan dan talenta para sineas Indonesia. salah satunya dengan memberikan pelatihan bagi para penulis skenario (Scripwriter) melalui program Script to Screen.

Baca Juga :  Wah KIP Kuliah 2022 Bisa untuk Mahasiswa Kampus Swasta, Begini Cara Daftar

Rencananya, Netflix akan menerbangkan 15 scripwriter terpilih yang akan dikirim ke Hollywood, Los Angeles, Amerika Seirkat. peserta terpilih dari Indonesia itu nantinya akan berinteraksi dengan tim kreaftid Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Sementara Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang mengaku gembira bisa bekerja sama dnegan Kemendikbud. Apalagi Indonesia merupakan pasar penting bagi Netflix di Asia, dengan jumlah penonton dua kali lipat lebih besar dari rata-rata penonton global.

“Maka dari itu kita bikin yang namanya Netflix Original dan kita kembangkan lagi konten lokalnya,” ujar Yu-Chuang kek. ia juga menyatakan kalau Indoensia memiliki potensi besar yan untuk menghasilkan generasi penerus industri perfilman.

Selain memboyong sineas pilihan ke Hollywood, Netflix juga berencana menggelar pelatihan di Jakarta untuk 100 penulis naskah film. pelatihan tersebut berfokus pada pengembangan cerita dan penulisan skenario.

Kemendikbud dan Netflix juga akan mengadakan kompetisi film pendek bertemakan asas-asas pancasila dengan hadiah biaya produksi sebesar US$600 ribu atau setara Rp 8,4 Miliar.

Baca Juga :  10 Istilah Perkuliahan yang Wajib Diketahui oleh Para Maba!

Senada dengan Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama meminta Netflix bekerja sama dnegan sineas-sineas lokal Indonesia.

“Seperti yang Pak Menkominfo sampaikan juga, kita harus sampaikan pada Netflix, kalau bisa di Indonesia itu jangan pakai Netflix Original dulu, dia harus mengajak kerja sama sama production-production Indonesia,”

Wishnutama tidak ingin Indoensia yang memiliki pangsa pasar besar hanya menjadi konsumen layanan netflix. (Edt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.