Bimbingan Aplikasi MISHEQA Untuk Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Jatim

INFOKAMPUS.NEWS – Bertempat di Aula kampus 1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, pada hari ini, 3 Oktober 2019 telah diselenggarakan kegiatan Bimbingan Aplikasi MISHEQA yang dihadiri oleh 78 Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI wilayah VII Jawa Timur.

 

Diawali dengan sambutan oleh Rektor ITN, Dr Ir. Kustamar MT.
menyatakan bahwa pihaknya selama ini sudah rutin melaporkan kepada pihak DIKTI. Dan dengan adanya aplikasi ini, pihak ITN lebih konsisten lagi.

“Sekarang kebijakan pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional dan PT, itu kan evaluasi dilakukan setiap saat. Setiap akhir tahun akan ada penilaian, tidak menunggu masa berakhirnya status akreditasi. Oleh karenanya setiap perguruan tinggi harus siap. Karena kalau tidak bisa diturunkan sewaktu-waktu, ” ujarnya.

Dilanjutkan dengan sambutan pembukaan dan materi oleh Prof.Dr. Ir. Soeprapto, DEA selaku koordinator LLDIKTI wilayah VII Jatim. Keduanya menyampaikan bagaimana Perguruan Tinggi yang melaksanakan pendidikan tinggi dapat menghasilkan SDM mahasiswa lulusan yang kompeten dan bermutu.

Lebih lanjut, bahwa dalam meningkatkan mutu, pihak DIKTI memerlukan data pelaksanaan mutu di perguruan tinggi masing-masing. Namun Fakta yang diperoleh di lapangan sementara ini yang melaporkan hanya sedikit.

“Maka dengan MISHEQA ini kita akan paksa mereka untuk melaporkan data-data itu. Sehingga akan didapatkan gambaran, apakah selama ini sudah dilaksanakan dengan benar, ” ujarnya.

Hal ini sudah mulai berjalan dan berlaku mulai akhir tahun di 325 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur.

“Dengan adanya aplikasi MISHEQA (Management Information System for Higher Education Quality)ini, nantinya Perguruan Tinggi di Jawa Timur akan segera memasukkan data tentang pelaksanaan mutu. Bagaimana kondisi di sana. Sehingga kami bisa memberikan secara tepat apa yang perlu diperbaiki, apa yang kurang disana, akan diberikan apa dan seterusnya.” Harapan beliau lebih lanjut.

Dalam hal ini ITN Malang sebagai tuan rumah, mensupport agar sesama perguruan tinggi swasta, supaya bisa saling meningkatkan kinerjanya agar tidak ketinggalan di dalam kebijakan pemerintah yang selalu ingin meningkatkan kualitasnya dan disiplin dalam melaporkan dan evaluasi secara berkala. (Tik)

Leave a Reply

Your email address will not be published.