Bingung Biaya Kuliah Selangit? Kamu Bisa Andalkan Beasiswa Ini Lho!

Infokampus.news – Faktor ekonomi seringkali menjadi penyebab utama para lulusan SMA memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan karena biaya kuliah selangit. Beberapa berdalih, tak ada gunanya kuliah sebab banyak sarjana pengangguran sementara banyak pula yang tak tamat sekolah tapi bekerja mapan. Tapi Sobat FoKus, berkuliah bukan sekadar jalan mencari kerja, namun tentang semangat menuntut ilmu dan menjalin relasi. Jadi, jangan khawatir karena sekarang banyak sekali beasiswa untuk pelajar!

Nah kali ini, Infokampus.news akan merangkum sekilas tentang beasiswa untuk pelajar perguruan tinggi alias mahasiswa. Kamu bisa memilih salah satu beasiswa yang menurut bentuk pembiayaan terbagi jadi empat jenis lho! Diantaranya;

1. Beasiswa penghargaan prestasi.
Beasiswa ini diperuntukkan bagi Sobat Fokus yang mempunyai prestasi akademik maupun non-akademik. Indikator prestasi akademik adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Buat kalian yang minder sama IPK sendiri, jangan khawatir. Bakat dan minat kalau diasah bisa memancing beasiswa juga, lho!

2. Beasiswa bantuan
Nah, Sobat FoKus yang selama ini ragu untuk lanjut kuliah karena kendala ekonomi, mulai detik ini hilangkan semua keraguan itu. Sebab, banyak sekali institusi baik pemerintahan maupun swasta yang menyediakan beasiswa bagi kalian yang terbatas biaya namun punya semangat belajar yang tinggi. Sebagai contoh, Bidik Misi. Bidik Misi adalah beasiswa dari Dikti yang mencakup seluruh biaya perkuliahan dan biaya hidup sejak semester pertama.

3. Beasiswa penelitian
Punya IPK pas-pasan? Tidak ada kemampuan non-akademik yang cukup menonjol? Sama sekali bukan alasan untuk berhenti kuliah karena alasan ekonomi. Bagi Sobat FoKus yang doyan mikir dan jago analisis, kalian berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa penelitian. Beasiswa untuk penelitian menawarkan pendanaan bagi penerimanya untuk melakukan penelitian yang terkait pada bidang studi yang ia jalani. Sumbernya pun bisa berasal dari universitas, perusahaan ataupun lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian dan membutuhkan tenaga akademis yang mumpuni. Jumlah dana dan periode yang ditawarkan pun tergentung dengan banyaknya biaya yang dibutuhkan serta lamanya riset atau penelitian tersebut dilakukan.

4. Beasiswa Ikatan Dinas
Beasiswa ikatan dinas mensyaratkan para penerimanya untuk “mengikat diri” pada pihak sponsor sebagai hubungan timbal balik yang meguntungkan kedua belah pihak. Biasanya, jika kalian menyetujui untuk mengambil beasiswa ikatan dinas, kalian diwajibkan untuk bekerja di instansi atau perusahaan sponsor dalam jangka waktu tertentu. Beasiswa semacam ini seringkali ditawarkan oleh lembaga kedinasan seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan masih banyak lagi. Bonusnya, bisa-bisa kalian diangkat menjadi pegawai negeri loh!

Nah, itu tadi beberapa kategori beasiswa yang bisa kamu pilih jika kamu ingin menyiasati biaya kuliah yang makin tinggi setiap tahunnya. Selamat mencoba ya semoga informasi ini bermanfaat! (HIM)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Kuliah S2 di Negeri Tulip Lewat Beasiswa di University of Twente

Batas Pendaftaran : 1 Mei 2018 Sobat Fokus yang bermimpi untuk melanjutkan studi S2 di Belanda, beasiswa di University of...

Close