Berburu THR: Serba-serbi Bisnis Mahasiswa Jelang Lebaran

Infokampus.news – Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Tak hanya menguntungkan untuk mengumpulkan amal dan ibadah, tetapi sangat menguntungkan juga untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Karena sebenarnya kalau dipikir-pikir, daripada puasa dijalani hanya dengan bersantai sampai bosan di rumah, tentu akan lebih baik bila sembari berpuasa juga dibarengi dengan memanfaatkan peluang usaha menjelang lebaran. Hal ini lah yang semakin memotivasi mahasiswa untuk berjualan selama bulan Ramadan. Apa saja bisnis mahasiswa jelang lebaran yang sudah banyak dilakukan dan masih mungkin dilakukan meskipun Ramadan akan segera usai? Scroll this down, Sobat FoKus!

Bisnis Mahasiswa Jelang Lebaran
1. Berjualan Takjil

Berjualan takjil adalah salah satu peluang yang cukup menguntungkan di bulan Ramadan, sebab modal yang dikeluarkan masih terjangkau oleh mahasiswa, dan cara pembuatannya pun sederhana. Namun, jangan dianggap sepele usaha kreatif seperti ini. Memang sebagian besar hanya mendapatkan keuntungan sekadarnya dari usaha sampingan seperti ini, tapi jika mampu mengelola bisnisnya dengan baik, maka keuntungan yang lebih besar pun bisa masuk ke kantong.

Mengapa takjil bisa menjadi komoditas yang laris saat Ramadan? Karena banyak orang yang sibuk atau tak sempat menyiapkan takjil sendiri yang lebih memilih untuk membeli takjil dengan harga yang murah, apalagi anak-anak rantau yang belum pulang dan mager mau repot-repot di dapur.

Cukup mudah, bisnis makanan takjil mahasiswa bervariasi seperti berjualan minuman segar, sirup, makanan serta minuman manis seperti kurma dan kolak, serta berbagai makanan kecil lainnya yang cocok dihidangkan saat buka puasa.

2. Berjualan Hidangan Sahur

Nah, bisnis ini cocok buat Sobat FoKus yang hobi masak dan bisa bangun dini hari. Terkadang kita malas melakukan berbagai kegiatan yang menguras tenaga seperti memasak hidangan sahur. Terlebih mahasiswa indekos masih ada saja yang tidak diperbolehkan memasak makanan sendiri.

Hidangan sahur yang paling laris tentunya adalah masakan yang segar, seperti sayuran segar dengan lauk yang hangat. Karena umumnya orang yang sedang santap sahur tidak suka dengan makanan dingin.

Bisnis Mahasiswa yang Masih Berpeluang untuk Laku Saat Lebaran
1. Jual Pakaian Online

Baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya. Makna literal dari lirik lagu tersebut sudah mengakar dalam budaya Indonesia. Lebaran tanpa baju baru rasanya kurang lengkap. Terlebih, tiap tahunnya selalu saja ada trend baru dalam fashion. Para desainer baju lebaran berlomba-lomba untuk membuat pakaian lebaran yang sekiranya akan diminati masyarakat. Kompetisi ini memicu munculnya berbagai baju muslim terbaru. Di sinilah peluang bisnis ada.

Di era digital ini, jika penjual gencar mempromosikan dagangannya di media sosial, maka peluang mendapatkan banyak pelanggan akan lumayan besar. Khususnya para wanita, sebab pada umumnya wanita memiliki kecenderungan mengikuti trend dalam berpakaian.

Namun kendati lebaran nantinya sudah usai, bisnis ini masih bisa diteruskan lho. Karena selain modelnya, pakaian tak kenal kedaluwarsa dan bisa dikenakan seterusnya. Apalagi, bisa jadi para pelanggan masih mengumpulkan THR untuk membeli baju baru. Siapa tahu?

2. Jual Hijab Online

Di antara semua bisnis mahasiswa jelang lebaran yang ada, jual hijab online adalah yang paling menjanjikan. Khususnya di tahun 2018 ini, banyak sekali para pebisnis jilbab online yang mempromosikan dagangannya lewat platform online, dengan media katalog paling umum Instagram.

Menjelang hari raya, para penjual hijab ini banyak meraup keuntungan sebab begitu banyak perempuan muslimah yang ingin memadupadankan baju barunya dengan jilbab yang serasi.

Tak hanya di bulan Ramadan, bahkan ketika lebaran pun pebisnis ini bisa mempromosikan ke sanak famili atau teman-temannya saat halal bi halal.

3. Jual Perlengkapan Sholat

Selain baju baru, biasanya orang-orang membutuhkan perlengkapan ibadah yang baru ketika Ramadan dan lebaran. Sebab saat bulan Ramadan masyarakat Indonesia akan cenderung lebih religius dari hari-hari biasanya. Yang tadinya kurang tekun beribadah menjadi tiba-tiba rajin beribadah. Bahkan sampai pada ibadah-ibadah yang sunnah. Masjid makin ramai dihadiri orang-orang yang ingin lebih baik dalam beribadah, baik laki-laki maupun perempuan. Sehingga, umumnya pada bulan Ramadan atau Syawal ini lah orang-orang ingin memperbarui perlengkapan sholat mereka agar lebih pantas.

Jika bisnis pakaian lebih banyak berpelanggan wanita, maka bisnis alat sholat ini bisa menyasar wanita dan pria. Sebab, seperti pakaian, mukena pun hadir dengan berbagai motif yang unik. Sementara itu, seringkali laki-laki hanya mengupgrade sarung dan pecinya hanya setahun sekali yakni ketika lebaran. Lebih-lebih, seberapa sering sih kita membeli sajadah baru di luar bulan Ramadan?

4. Usaha Kue Lebaran

Di Indonesia, lebaran adalah momen di mana orang-orang saling berkunjung, berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. Pasti, jumlah tamu yang akan mengunjungi rumah kita akan jauh lebih membludak dari hari-hari biasa, baik itu tetangga sendiri maupun saudara yang rumahnya jauh. Tamu adalah raja, maka sudah sepantasnya kita mempersiapkan jamuan untuk raja-raja yang jumlahnya tidak sedikit itu.

Di antara Sobat FoKus, pasti ada yang hobi membuat kue-kue kering. Kue-kue kering inilah yang paling cocok dihidangkan di meja ruang tamu, karena selain bentuknya yang kecil dan mudah dimakan, kue ini tahan lama selama disimpan dalam stoples yang rapat.

Dengan memanfaatkan media online, Sobat FoKus bisa mempromosikan dagangannya dengan lebih mudah. Tak hanya ketika Ramadan, bahkan setelah Hari Raya pun kue-kue itu masih akan laku karena kue yang di meja pasti akan habis, bukan?

5. Usaha Tambal Ban

Buat Sobat FoKus yang mempunyai keahlian menambal ban dan tidak ke mana-mana saat lebaran, bisnis ini patut dicoba. Sebab, lebaran adalah saat di mana jalanan dipenuhi oleh para pemudik yang membawa kendaraan bermotor. Di antara kendaraan bermotor ini, pasti sebagian besar adalah sepeda motor yang mungkin saja mengalami kendala-kendala dalam perjalanan seperti ban kempis ataupun bocor. Untuk memanfaatkan waktu, ada baiknya Sobat FoKus menjalankan usaha ini karena pasti akan laku keras. Apalagi jika ditambah dengan skill reparasi kendaraan bermotor plus berjualan bensin!

Sebenarnya masih banyak lagi bisnis mahasiswa jelang lebaran yang banyak beredar di kalangan mahasiswa dan cocok untuk kalian coba, asalkan Sobat FoKus jeli dalam membaca peluang. Jika Sobat FoKus mau tekun, maka kalian pun bisa mengisi dompet dari hasil keringat sendiri. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439H! (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Sabyan Gambus
Mengenal Sabyan Gambus, Musisi Religi yang Lagi Viral

Infokampus.news - Sejak menjelang Ramadan beberapa waktu lalu, grup musik Sabyan Gambus berhasil mencuri perhatian pencinta musik Indonesia dengan lagu-lagu

Close