Blero Gunakan Papan Ucapan Untuk Properti

Infokampus.news, Malang – Kreatifitas memang tidak ada batasannya. Dalam setiap pentasnya, Mahasiswa-mahasiswa penggiat kesenian kentrung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang (UM), Blero, mengaku sering memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak dipakai.

“Kalau semua bahan buat properti harus beli, ya pastinya budget kami membengkak. Makanya kami coba kembangkan kreatifitas anak-anak dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak dipakai,” kata Ali Yafi, ketua umum Blero periode 2016.

Salah satu contohnya adalah memanfaatkan Styrofoam dan kayu dari papan ucapan pernikahan-pernikahan yang biasa dilangsungkan di gedung Sasana Budaya atau pun Graha Cakrawala. Styrofoam-styrofoam itu nantinya akan dibentuk menjadi berbagai barang untuk property penampilan yang akan mereka tampilkan.

“Soalnya biasanya papan ucapan itu kalau acaranya sudah selesai ya dibuang begitu. Nah daripada disia-siakan begitu kan bisa kita jadikan property seperti gapura itu,” terang Yafi.

Sudah Tradisi Turun Temurun

Pemanfaatan barang bekas untuk property itu ternyata adalah sebuah tradisi turun-temurun dalam setiap tingkatan diklat UKM Blero. Menurut Yafi, selain bisa menghemat biaya pengeluaran dan membantu menjaga lingkungan, ternyata pendaur-ulangan itu adalah sebuah proses belajar ‘berunding’ untuk anggota-anggota diklat baru.

“Kita nggak boleh lho asal ambil papan ucapan begitu saja, harus ijin dulu sama petugas penjaga gedung kalau mau mengambil. Nah di situ anak-anak baru didampingi sama seniornya diminta belajar berunding supaya papan ucapan itu bisa kami bawa gratis,” tututr mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan itu.

Yafi mengaku, dari hasil mendaur ulang papan-papan ucapan itu, lebih dari 80% kayu dan Styrofoam untuk bahan property bisa terpenuhi. Bahkan di musim-musim pernikahan, mereka bisa sampai ‘menabung’ bahan pembuatan property pementasan dari papan yang mereka dapat. Dengan begitu, biaya yang diperlukan untuk property pementasan dapat dialihkan ke bidang yang lain yang juga mendukung. (art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Diklat 16 Blero Berikan Tontonan Dengan Tuntunan

Unit Kegiatan Mahasiwa Universitas Negeri Malang yang bergerak di bidang operet dan kentrung, Blero, menggelar pentas pertama anggota diklat terbaru...

Close