‘Blood Donation’ BEM UPH Menggalang 500 kantong Darah Untuk PMI Tangerang

Infokampus.news – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPH berhasil menggalang 500 kantong darah, melalui program pengabdian masyarakat  ‘Blood Donation’ atau donor darah yang diadakan pada tanggal 17, dan 21-22 November 2016. Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi, kampus Fakultas Kedokteran UPH lantai 2, dan kampus utama UPH Gedung D lantai 5, diikuti lebih dari 700 partisipan.

Berbeda dari Blood Donation yang diselenggarakan pada Maret 2016 lalu sempat diadakan di tempat publik yaitu AEON Mall, kali ini Blood Donation kembali diadakan di area kampus UPH. Menurut Calvin Adriel Sulistio, mahasiswa Teknik Industri 2015, sebagai ketua acara,  Blood Donation kali ini ingin kembali pada target awal yaitu mendorong kesadaran internal UPH.

“Target kali ini ditujukan untuk internal UPH  yaitu mahasiswa dan anggota UPH lainnya dengan cara membangun kesadaran mengenai fakta Indonesia masih kekurangan kantong darah, dan tentunya juga kesadaran akan manfaat donor darah baik bagi diri sendiri, terlebih bagi orang lain yang membutuhkan. Melalui publikasi dan juga MC yang bertugas saat acara, kami mengingatkan manfaat donor darah untuk kesehatan dan memotivasi untuk berpartisipasi. Karena donor darah merupakan cara donasi termudah, dan murah. Sayaratnya hanya perlu sehat. Awareness ini yang ingin kita capai dan disadari khususnya oleh teman-teman mahasiswa,” ungkap Calvin.

blood donation

Baca Juga:

bem uph

Jumlah partisipan Blood Donation pertama di tahun ajaran 2016/2017 ini meningkat dari kegiatan serupa sebelumnya  di bulan Maret 2016, yang diikuti oleh 574 peserta. Jumlah kantong darah yang terkumpul juga meningkat 25%.

“Jumlah peserta yang mendaftar masih di bawah target yang kami tetapkan yaitu 900 orang. Diantaranya karena factor cuaca dan publikasi yang sempat tertunda. Namun antusias peserta cukup tinggi. Umumnya dari mahasiswa dan staf, namun beberapa ada pula yang datang dari umum,” tambah Calvin.

Untuk Blood Donation ini BEM UPH bekerja sama dengan 3 Palang Merah Indonesia (PMI) yaitu hari pertama PMI Cilegon, hari kedua PMI Serang dan Pandegelang, dan hari ketiga PMI Serang dan Cilegon. Total tempat tidur yang disediakan kali ini total 44 tempat tidur yaitu 10 dihari pertama, 16 dihari kedua, dan 18 dihari terakhir.

Tema ‘Blood Donation’ yang pertama di tahun ajaran ini yaitu ‘Gift of Live, Give for Life’ memiliki makna bahwa darah adalah lambang kehidupan yang diberikan langsung oleh Tuhan, dan melalui blood donation ini kami mengajak mahasiswa, staf dan juga public untuk memberi bagi kehidupan orang lain yang membutuhkan.

Kedepannya untuk tahun ajaran 2016/2017, Calvin mengatakan bahwa BEM berencana akan mengadakan dua kali ‘Blood Donation’ di tahun 2017. (FAM)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Camilan Sehat
Mahasiswa Kreasikan Pangsit Lele untuk Camilan Sehat

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Boga UNY Yudi Setiyo mengkreasikan camilan sehat berbahan dasar lele yang di beri nama pangsit bule.

Close