BLT Gaji Guru Honorer Cair, Buruan Cek Infonya Disini

Infokampus.news, Nasional– Bantuan Langsung Tunai (BLT) gaji guru honorer dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) cair hari ini, selasa 17 November 2020.

Bagi para guru atau tenaga kependidikan bisa mengecek apakah termasuk penerima BLT guru honorer dengan login DISINI.

Jumlah subsidi tersebut besarannya sama dengan subsidi bagi karyawan swasta yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta yaitu 2,4 jta.

Selain itu, bantuan subsidi upah juga akan diberikan pada pengajar di perguruan tinggi keagamaan seperti halnya dengan Guru madrasah bukan PNS atau honorer.

“Kami memang tengah mengupayakan agar guru madrasah bukan PNS atau honorer serta tenaga kependidikan madrasah dan perguruan tinggi keagamaan bisa mendapatkan bantuan subsidi gaji. Mereka juga sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19,” terang Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi pada Jumat (2/10/2020).

Untuk situs resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yaitu info GTK. Info GTK sendiri merupakan info validasi data guru yang fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah. Apabila terdapat kealahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik di sekolah masing-masing.

Untuk membuka Info GTK gunakan account PTK yang sudah diverifikasi :

Pastikan menggunakan email yang aktif
Tidak diperkenankan menggunakan email orang lain
Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik

BLT Gaji Guru Honorer Cair

Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id tersebut, terdapat tampilan tabulasi di bagian paling bawah tertulis Pembayaran insentif guru bukan PNS.

Apabila tergolong dalam calon penerima maka, dalam daftar tersebut tercantum nama bank penyalur. Misalnya BRI. Tetapi dalam tabulasi tersebut belum ada nama cabang banknya serta nominalnya juga belum tertera.Kabar gembiranya yaitu SK yang sudah terbit berupa data SK tunjangan insentif selama 12 bulan pencairan.

Sementara itu, apabila belum menerima tampilan tabulasi seperti diatas. Maka yang perlu dilakukan yaitu menunggu satu hingga satu minggu serta mengeceknya berkala. Karena tabulasi ini baru update pada 27 oktober 2020.Hingga saat ini Kementerian Ketenagakerjaan terus memperbaharui pengentrian daftar nama calon penerima BLT tersebut.

Info lebih lengkap terkait pencairan bantuan langsung tunai ini dapat di cek di website resmi kemendikbud ataupun dapat dilihat dari Info GTK.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Fokus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *