Botol Alarm Unik Karya Pelajar, Tidak Hanya Membangunkan tapi Juga Menyehatkan!

Infokampus.news, Malang – Seiring kemajuan teknologi, kita sering sekali suka mengulur waktu bangun tidur dengan opsi ‘snooze’ hingga ahirnya tidak jarang kita terlambat datang ke kantor maupun ke sekolah. Inilah hal yang dirasakan oleh Sella, Ilma dan Risvan siswa kelas 11 SMK Telkom, saat mencetuskan ide membuat “Botol Pintar Unu”, karena mereka harus selalu bangun pagi untuk mengejar jadwal sedangkan alarm tidak berfungsi secara optimal.

Baca Juga :

“Namanya ini botol pintar unu, modelnya mirip tumbler yang sedang hits itu, nah botol ini fungsinya sebagai pengganti alarm. Jadi kan kalau alarm sekarang kita suka bangun telat karena ngandalkan snooze itu kita jadi makin malas bangun, jadi molor kan, kalau buatan kita ini beda. Jadi diisi air kan sebelum tidur lalu diseting kaya alarm biasa, nah nanti kalau sudah nyala kita harus bangun dan minum air itu sampai habis, kalau sudah habis air banyak kan otomatis kita segar nggak ngantuk lagi.” ujarnya pada tim Infokampus.news saat mereka mengikuti lomba di universitas Ma Chung beberapa waktu lalu.

Sehat dengan Sistem Alarm Botol

Selain itu mereka juga menambahkan dengan minum setelah bangun tidur dapat memperlancar metabolisme tubuh dan juga mengontrol asupan air putih kita.

“Cara kerjanya ya jadi dalam botol itu bisa diisi 250 ml air nah, nanti ada mikrokontroler dan juga sensor pendeteksi tekanan untuk mendeteksi tekanan air dalam botol, jadi dia akan kirim sinyal speaker untuk dibunyikan jika masih ada air dalam botol. Kalau vol air 0, maka alarm nanti mati dengan sendirinya melalui sinyal yang dikirim gitu, jadi nanti ada aplikasinya itu sinyalnya dikirim ke smartphone kita menggunakan bluetooth speakernya ya jelas dari hp itu. Selain membangunkan dengan minum kan bisa lebih segar gitu selain itu menyehatkan juga kan minum air sehabis bangun tidur.” pungkasnya.

Penulis : Irma Puspita
Editor : Galuh Pandu

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Ironis, Naskah Kuno sebagai Identitas Bangsa Banyak yang Hilang dan Dijual
Ironis, Naskah Kuno sebagai Identitas Bangsa Banyak yang Hilang dan Dijual

Naskah kuno mempunyai nilai yang sangat berarti dalam pembentukan identitas bangsa. Sebab naskah kuno mengandung nilai-nilai kehidupan dari suatu peristiwa...

Close