Brilian! Ternyata Kentang Bisa Jadi Sumber Energi Listrik!

Infokampus.news, Malang – Ternyata kentang bisa jadi sumber energi listrik bagi para guru dari siswa asal SMK Muhammadiyah 1 Palembang ini. Berawal dari kebutuhan listrik saat sedang melakukan pendakian, dirinya ahirnya mengetahui manfaat yang tersimpan di dalam kentang selain menjadi bahan makanan.

“Awal mulanya saya dan teman saya naik gunung, kebetulan dia orang kimia lalu dia bercerita kentang bisa menjadi sumber energi listrik. Nah saat itu kami btuh listrik, ya kami mencari perkebunan kentang di sekitar dan menggunakannya,” tukas Novrianto.

Bersama dengan dua orang rekannya Reski Saputra dan M. Rangga, ahirnya ia mencoba untuk mengikuti Youth EcoTech Competition yang digelar DI American Corner beberapa waktu lalu.

“Kami mengerjakan ini satu bulan dua minggu. Kami yakin sekali sumber baru ini selain ramah lingkungan juga mampu menggantikan sumber daya yang tidak bisa diperbaharui.” tambah dia.

Kentang Bisa Jadi Sumber Energi Listrik Ternyata Karena Kandungan Air dan Mineralnya

Ia menuturkan kentang memiliki kandungan air dan mineral yang mampu membawa ion negatif dan positif. Reaksi kimia elektrolit inilah yang menghantarakna listrik untuk menyalakan lampu.

“Kami beri tembaga dan seng, fungsi tembaga sebagai kutub positif dan seng kutub negatif, lalu ada anoda juga.” paparnya menjelaskan berbagai piranti pendukung agar listrik dari kentang mampu menyala.

Ada beberapa klasifikasi lain setelah mereka melakukan penelitian ini. Yakni ternyata dari 100 gram kentang kuning mampu menghasilkan 0,72 Volt, sedangkan 100 gram kentang merah mampu menghasilkan 0,9 Volt dan 100 gram kentang kecil mampu menghasilkan 1,2 Volt. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menristekdikti Buka Kegiatan Simposium Nasional Akuntansi XX Di Universitas Jember

Infokampus.news - Muhammad Nasir hadir dalam rangkan membuka pelaksanaan Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XX di Universitas Jember

Close