Buat Komunitas Pencegahan Kekerasan Seksual, Mahasiswa Psikologi UB Juara 2 ILMPI

Infokampus.news, Malang – Lima mahasiswa program studi psikologi Universitas Brawijaya (UB) berhasil membawa pulang piala juara 2 lomba presentasi karya ilmiah dalam Temu Ilmiah Nasional Rakornas Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) 2016 2016 di Lembang, Bandung pada tanggal 1-3 Oktober 2016 lalu. Sebagai bentuk kerjasama antara ILMPI dengan Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, lomba karya dan temu ilmiah tahun ini mengambil tema “Social Intervention : mencegah kekerasan seksual.

Kelima mahasiswa psikologi tersebut adalah Agnes Novelia, Marhawi, Nandya Anindita, Ilham Nuzul Fajri, dan Nur Alvi Maula Devi. Mereka membuat rancangan pencegahan kekerasan dalam berpacaran dari tema yang diangkat yakni ‘Pencegahan Kekerasan Seksual dalam Berpacaran’ dengan membuat sebuah komunitas yang dinamakan Sahabat Remaja .

“Disini kami mencoba untuk membuat suatu wadah komunitas dimana komunitas tersebut dapat menanggulingi masalah kekerasan khususnya pada pasangan yang sedang dalam masa pacaran,” ungkap Devi salah satu anggota tim saat ditemui infokampus.

Ia juga menuturkan bahwa nantinya komunitas Sahabat Remaja akan melakukan tindakan pencegahan baik dari segi psikologis maupun hukum serta melakukan pendekatan psikologi atau konseling terhadap korban maupun pelaku kekerasan tersebut.

Baca Juga :

Kedepan, rancangan ini diharapkan mampu di realisasikan karena mereka melihat banyaknya fenomena kekerasan yang harus di tanggulangi khususnya pada padangan remaja. Mereka akan berusaha membuat komunitas tersebut dalam waktu dekat dengan dibantu oleh Woman Crisis Center Malang.
“ Perealisasian rancangan program ini juga merupakan keinginan kami untuk kedepannya, apalagi kami juga ingin menjawab tantangan ILMPI dengan membuat komunitas tersebut benar-benar ada,” tandasnya. (uch)

Foto : Uch – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Di Kandang Sendiri, UGM Juara International Geomapping Competition

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar International Geomapping Competition (IGC) 2016 dengan tema ‘Discover Beyond the Earth’, sebuah kompetisi internasional...

Close